Ikuti Upacara Hari Lahir Pancasila 2022 , Bupati dan Wakil Bupati Kompak Kenakan Pakaian Adat Bugis

oleh -57 Dilihat

Bupati Barru Ir. H. Suardi Saleh. M. Si dan Wakil Bupati Barru Aska Mappe. SH bersama unsur Forkopimda mengikuti upacara Hari Lahir Pancasila secara virtual, di Barru Smart Information Center (Basic) Rabu 1/6/2022

Bupati dan Wakil Bupati Barru yang mengenakan setelan pakdian adat Bugis Jas tutup berwarna krem dipadu sarung sutera warna senada tampak khidmat mengikuti Upacara Peringatan Hari Lahir Pancasila Tahun 2022

Terlihat dilayar lebar, Presiden Joko Widodo (Jokowi) yang memimpin Upacara Peringatan Hari Lahir Pancasila tahun 2022 secara langsung di Lapangan Pancasila Ende, NTT.

Jokowi didampingi oleh Iriana Joko Widodo dan Gubernur NTT Viktor Laiskodat di NTT, menggunakan pakaian adat setempat, Suku Ende.

Ende merupakan salah satu lokasi yang dipilih sebagai tempat bersejarah, wilayah ini pernah menjadi tempat pengasingan bagi Presiden Sukarno dimasa pra kemerdekaan dulu.

Selama di Ende dari tahun 1934-1938 salah satu hal yang paling penting adalah ketika Ir.Soekarno di tengah keterasingannya di bawah pohon sukun, sebagai salah satu tempat beliau menggali pemikiran tentang dasar Negara yang kemudian dirumuskan oleh Panitia Sembilan menjadi Pancasila pada Tahun 1945.

Dalam amanatnya, Presiden Joko Widodo menyampaikan bahwa Pancasila telah menjadi bintang penuntun ketika Indonesia menghadapi tantangan dan ujian.

“Untuk itu, masyarakat Indonesia harus mengamalkan dan mengimplementasikan Pancasila dalam sistem kemasyarakatan, kebangsaan, kenegaraan, dan tata kelola pemerintahan,” sebut Presiden Joko Widodo.

Bupati Barru, Ir H. Suardi Saleh M.Si setelah mengikuti Upacara, mengamanatkan masyarakat untuk memaknai tema “Bangkit Bersama, Membangun Peradaban Dunia”.

“Mari kita kembali membaca dan memperbarui ingatan atas nilai dasar dan etika moral yang menjadi kandungan dalam tiap butir-butir Pancasila, penghayatan terhadap detail tiap butirnya semoga menjadi falsafah dan energi untuk bangkit bersama, bangun kembali peradaban maju dan kinerja kita pasca Pandemi Covid-19,” sebut Bupati Suardi Saleh.

Dirinya menyebut Hari Lahir Pancasila, adalah momentum untuk membuka, membaca dan hayati penjabaran tiap sila Pancasila yang terurai menjadi butir-butir penuh filosofi bangsa.

“Saya mengajak semua masyarakat Barru, mengamalkan nilai luhur Pancasila, semuanya insya Allah akan membuat kita lebih bijaksana dan bahagia hidup bernegara dan berpemerintahan,” pungkas Suardi Saleh.

Hadir dalam Upacara ini, Kapolres Barru AKBP Yudha Wirajati Kusuma, SIK, MH, Ketua Pengadilan Negeri Dody Rahmanto, SH, MH, dan Ketua Pengadilan Agama Barru Salmirati, SH, MH, serta jajaran Pejabat Daerah lainnya.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.

No More Posts Available.

No more pages to load.