Selasa, April 16, 2024

Tanah Datar Akan Berangkatnya 111 CJH Tahun Ini

Must read

Batusangkar, Dutametro – Setelah 2 tahun tertunda akibat covid 19, akhirnya sebanyak 111 Jemaah Calon Haji (JCH) asal Kabupaten Tanah Datar segera diberangkatkan menuju Tanah Suci Makkah, guna menunaikan Rukun Islam ke 5.

“Alhamdulillah, masyarakat Tanah Datar bisa berangkat ke Tanah Suci untuk menjalankan ibadah haji. Tentu ini, suatu yang sangat membahagiakan bagi kita semua,” ujar Wakil Bupati Tanah Datar Richi Aprian, SH. MH saat memimpin rapat persiapan keberangkatan JCH, di Aula Eksekutif, kantor Bupati, Selasa (31/5).

Terkait hal itu, Wabup Richi berharap seluruh pihak terkait mempersiapkan segala sesuatunya, sehingga keberangkatan JCH asal luhak nan tuo ini, dapat terakomodir dengan baik.

“Tanggung jawab dan fungsi yang telah diemban petugas, mudah-mudahan dapat dijalankan sesuai porsinya masing-masing. Dan, semoga JCH yang berangkat di tahun ini, selalu dalam lindungan Allah SWT,” ujar Wabup Richi.

Sementara itu, Kepala Kantor Kementerian Agama (Kakan Kemenag) Tanah Datar diwakili Kasi PAIS M. Algifari mengatakan tahun ini JCH dari Indonesia dibatasi sebanyak 100.051 orang. Sedangkan, di Sumatera Barat diberi kuota sebanyak 200.093 orang, dan untuk kuota di Tanah Datar sebanyak 115 orang.

“Dari jumlah awal sebanyak 115 orang, beberapa JCH di pending keberangkatannya, berdasarkan kebijakan pemerintah Arab Saudi tentang pembatasan usia. Jumlah akhir JCH Tanah Datar sebanyak 111 orang yang akan berangkat menunaikan ibadah haji,” ujar Algifari.

Ia menambahkan jadwal pemberangkatan sebanyak 111 orang JCH Tanah Datar berada di kloter II di tanggal 4 Juni 2022, “Untuk kepulangan JCH Tanah Datar direncanakan tanggal 16 Juli 2022, dan mudah-mudahan berjalan sesuai yang kita rencanakan,” ujar Algifari yang saat itu disaksikan TNI, POLRI dan OPD terkait lainnya. (prokopim/tim)

More articles

IklanIklanIklan HuT RI

Latest article