Pemkab Anjangsana Tabur Bunga ke Makam Bupati Pertama Dharmasraya

oleh -52 Dilihat
Pemerintah Kabupaten Dharmasraya melakukan anjangsana ke makam Penjabat Bupati Dharmasraya pertama, Ahmad Munawar, di Nagari Koto Padang,(Dok Oscal)
Menyongsong HUT Kabupaten Dharmasraya ke-19 seperti tahun tahun sebelumnya, sebagai rangkaian dari kegiatan Hari Ulang Tahun Kabupaten Dharmasraya. Pemerintah Kabupaten Dharmasraya melakukan anjangsana ke makam Penjabat Bupati Dharmasraya pertama, Ahmad Munawar, di Nagari Koto Padang, Senin (2/01/23).

Anjangsana ini dilakukan langsung oleh Bupati Dharmasraya, Sutan Riska Tuanku Kerajaan serta meletakkan papan karangan bunga, tabur bunga, ritual penyiraman dan ditutup dengan doa. Sutan Riska Tuanku Kerajaan, didampingi Sekda, Forkominda, jajaran pemerintahan Kabupaten Dharmasraya, anggota DPRD, Tokoh Masyarakat, dan sejumlah unsur lainnya di Dharmasraya.

Bupati Dharmasraya dalam sambutannya menuturkan, anjangsana yang dilakukan setiap tahunnya dilakukan merupakan bentuk penghargaan dan penghormatan kepada Almarhum Ahmad Munawar. Atas perjuangan dan pengabdiannya untuk Kabupaten Dharmasraya semasa hidup. Pada tahun ini anjangsana sengaja dilakukan lebih awal, mengingat ada kegiatan lain rangkaian kegiatan HUT nantinya pada tanggal 6 Januari atau setelah melaksanakan upacara di Nagari Koto Baru.

Sutan Riska menyampaikan bahwa, Ahmad Munawar merupakan bupati pertama yang merintis dasar pemerintahan Kabupaten Dharmasraya, perjuangan dan pengorbanan beliau dengan tokoh pemekaran saat itu sangatlah banyak dan sibuk sekali.

“Penghormatan kita pada almarhum sebagai seorang pejabat negara, dan pamong senior yang telah banyak meletakkan dasar-dasar penyelenggaraan pemerintah pada daerah otonomi baru Dharmasraya. Kemudian kami datang untuk mengenang, mendoakan, serta menyampaikan rasa bangga dengan perjuangan dan pengabdian almarhum untuk kabupaten tercinta ini,” kata Sutan Riska.

Beliau adalah perintis pemerintahan di awal terbentuknya Dharmasraya, kepada keluarga yang ditinggalkan, Bupati berharap juga senantiasa diberikan ketabahan oleh Allah, dan juga hendaknya berbadan sehat selalu.

Sementara itu, ahli waris yakni uni Riri Putri dari Almarhum Ahmad Munawar, dalam kesempatan yang sama menyampaikan rasa terimakasih kepada segenap rombongan yang hadir dalam anjangsana tersebut. Yang setiap tahun terus menyempatkan diri untuk berziarah ke makam ayahandanya.

“Semoga kedatangan rombongan yang datang untuk memberikan doa dapat menjadi penyejuk dan pelapang kubur almarhum,” pungkasnya.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

No More Posts Available.

No more pages to load.