Jumat, Maret 29, 2024

Jurnalis Bukan Hanya Sekedar Profesi

Must read

Setiap Aktivitas jurnalistik tidak mungkin terlepas dari peran jurnalis pada umumnya,bermacam-macam sebutan Jurnalis seperti, wartawan, pemburu berita, pewarta, reporter, press man dan kuli tinta.

Hakikatnya, jurnalis adalah orang yang melakukan pekerjaan sebagai pemberi informasi yang benar agar supaya masyarakat tahu tentang suatu kejadian.

Jurnalis dapat dikatakan sebagai orang yang pekerjaannya mencari dan menyusun berita. Tentunya, targetnya adalah berita yang ditulis jurnalis dapat dipublikasikan di media massa; baik media cetak, media elektronik maupun media online.

Dilansir dari beberapa Buku tentang Jurnalistik, tugas jurnalis terdiri dari, menyajikan fakta, menafsirkan fakta, dan mempromosikan fakta. Itu Pun tidak luput dari 5W 1H Berkaitan dengan tugas jurnalis tersebut, siapapun dapat memaknainya masing-masing. Namun, kata kuncinya terletak pada fakta, sesuatu yang nyata terjadi.

Beratnya tugas jurnalis, maka ada persyaratan yang harus dipenuhi seorang jurnalis. Syarat utama menjadi jurnalis, sejatinya adalah,mampu melenyapkan perasaan rendah diri dan mampu mengurangi perasaan tinggi hati. Syarat yang sederhana namun realisasinya sulit. Itulah kehebatan seoarang jurnalis.

Maka untuk menjadi jurnalis yang professional, setidaknya diperlukan 10 (sepuluh) kompetensi jurnalis, yaitu: 1) keterampilan menulis, 2) keterampilan berbicara, 3) mampu melakukan riset dan investigasi, 4) memiliki pengetahuan standar tentang topik yang akan diberitakan, 5) memiliki kemampuan teknologi internet, 6) kemampuan audio visual, 7) mampu menggunakan teknologi komputer, 8) memahami etika, 9) berpengetahuan hukum atau legal, dan 10) memperhatikan karier.

Oleh: Sun

More articles

IklanIklanIklan HuT RI

Latest article