Jumat, April 19, 2024

Kapolres Situbondo AKBP Andi Sinjaya Sematkan Pita Tanda Dimulainya Operasi Keselamatan Semeru 2022

Must read

Situbondo, Beritametro – Beberapa Personil gabungan mengikuti apel gelar pasukan dalam rangka pelaksanaan Operasi Keselamatan Semeru 2022,yang  resmi digelar mulai tanggal 1 Maret 2022. Apel dipimpin oleh Kapolres Situbondo AKBP Dr. Andi Sinjaya, S.H., S.I.K., M.H. yang dihadiri Forkopimda dan instansi terkait, Selasa 1/3/22 kemarin.

Dalam kesempatan tersebut, Kapolres Situbondo AKBP Dr. Andi Sinjaya, S.H., S.I.K., M.H. menyampaikan arahan Kapolda Jatim Irjen. Pol. Dr. Nico Afinta, S.I.K., S.H., M.H. yang menekankan bahwa perkembangan kehidupan masyarakat yang sangat cepat menjadikan permasalahan lalu lintas dan angkutan jalan makin kompleks dan dinamis, khususnya dalam bidang keselamatan berlalu lintas.

Menjawab tantangan tugas tersebut maka Polantas harus menjadi polri yang “presisi” (prediktif, responsibilitas dan transaransi berkeadilan), yaitu dengan melakukan upaya peningkatan modernisasi sistem teknologi informasi secara berkelanjutan dan terus mendorong inovasi – inovasi pelayanan publik yang berbasis IT seperti yang telah dilaksanakan saat ini yaitu program Etle, Incar, E-Turjawali dan sebagainya.

Pelaksanaan operasi keselamatan tahun 2022 ini dilaksanakan dalam situasi Pandemi, bahkan saat ini Indonesia mengalami gelombang 3 penyebaran covid 19 dengan angka penambahan kasus aktif di Jawa Timur 5.000  sampai 6.000 per hari dan recovery rate sekitar 88,39 Prosen.

Lebih lanjut, Kapolres Situbondo AKBP Dr. Andi Sinjaya, S.H., S.I.K., M.H. menerangkan bahwa Operasi Keselamatan Semeru 2022 dilaksanakan selama 14 hari, mulai tanggal 1 – 14 Maret 2022 yang mengedepankan kegiatan preemtif dan preventif secara humanis dan persuasif dalam rangka meningkatkan kepatuhan dan disiplin masyarakat dalam berlalu lintas dengan tetap menerapkan protokol kesehatan di masa Pandemi Covid 19 menjelang Ramadhan dan Idul Fitri 1443 H tahun 2022.

Namun demikian, hal itu  tetap dilaksanakan tindakan represif terhadap pelanggaran yang menimbulkan fatalitas kecelakaan, yaitu terhadap 8 pelanggaran lalu lintas prioritas diantaranya: tidak pakai helm, melebihi batas kecepatan, pengemudi dibawah umur, memakai safety belt, pengemudi mabuk (alkohol), menggunakan HP,  melawan arus dan over dimensi dan over load (ODOL) dalam rangka meningkatkan kesadaran serta kepatuhan masyarakat dalam berlalu lintas.

Dalam apel tersebut, Kapolres Situbondo AKBP Dr. Andi Sinjaya, S.H., S.I.K., M.H. juga memberikan penekanan kepada personil yang terlibat dalam Operasi Keselamatan Semeru 2022 sebagai berikut:

Laksanakan deteksi dini dan deteksi aksi terhadap seluruh potensi kerawanan terkait kamseltibcarlantas dan penyebaran covid-19 agar pelaksanaan operasi dapat optimal dan tepat sasaran.

Laksanakan kegiatan edukasi kamseltibcarlantas kepada masyarakat secara intens khususnya kepada kaum milenial sehingga dapat menekan angka pelanggaran dan kecelakaan lalu lintas.

Lakukan komunikasi, koordinasi dan kolaborasi secara intens dengan berbagai pihak dalam rangka kegiatan penanganan kepulangan PPLN / PMI yang akan masuk ke Jawa Timur dan sosialisasi  5 M serta akselerasi vaksinasi.

Jaga kesehatan dan tetap pedomani protokol kesehatan serta tingkatkan kewaspadaan dalam menjalankan tugas guna antisipasi adanya aksi teror dari pihak yang tidak bertanggung jawab.

“ Diharapkan semua personil melaksanakan arahan dan penekanan Kapolda Jatim, agar Operasi mencapai hasil yang maksimal. Terciptanya kamseltibcarlantas yang kondusif dan kepatuhan masyarakat terhadap protokol kesehatan “ ucap AKBP Dr. Andi Sinjaya, S.H., S.I.K., M.H.

Setelah arahan dilanjutkan penyematan pita sebagai tanda dimulainya Operasi Keselamatan Semeru 2022 kepada perwakilan personil Dishub, Subdenpom V/35 dan Satlantas. Kemudian dilanjutkan pemeriksaan pasukan oleh Kapolres Situbondo AKBP Dr. Andi Sinjaya, S.H., S.I.K., M.H. didampingi Bupati Situbondo Drs. H. Karna Suswandi, M.M. dan Kepala Dinas Instansi terkait.

(Sun)
 

More articles

IklanIklanIklan HuT RI

Latest article