Dari Bancalaweh, Sebagian Warga Beralih Salat Id ke Masjid Ilham

oleh -152 Dilihat

Dialihkannya pelaksanaan Salat Idulfitri dari Lapangan Bancalaweh karena hujan, sebagian masyarakat memilih melaksanakannya di Masjid Ilham, Kelurahan Koto Panjang, Senin (2/5).

Di masjid yang telah ditunjuk Pemko sebagai salah satu alternatif yang telah ditentukan sebelumnya ini, bertindak sebagai Khatib, Muhammad Mahfuz, Lc dan Imam, Anwar Sadad.

Staf Ahli Bidang Ekonomi, Keuangan dan Pembangunan Setdako, Zulkifli, S.H membacakan sambutan wali kota menyebutkan, umat muslim patut bersyukur karena pada situasi pandemi yang sudah melandai di tahun ini, telah kembali dapat menjalankan ibadah Salat Id secara terbuka.

“Sebuah momentum yang sangat rindukan, disebabkan dua tahun berturut-turut kita tidak melaksanakan Salat Id seperti saat ini,” ucapnya.

Muhammad Mahfuz dalam tausiahnya menyampaikan, Islam adalah agama yang mengajarkan untuk mencintai dan menyayangi saudara. Rasulullah mengajarkan agar mencintai saudara seperti halnya mencintai diri sendiri.

“Dalam Hadis Riwayat Bukhari dan Muslim dijelaskan, Rasulullah SAW berkata ‘Tidak beriman salah seorang dari kalian sampai mencintai saudaranya seperti ia mencintai dirinya sendiri’,” sebutnya.

Ditambahkannya, pandemi Covid-19 sungguh telah menjadi batu ujian tersendiri bagi kita. Banyak perubahan yang terjadi. Bukan hanya di bidang ekonomi, sosial dan kesehatan saja, melainkan juga perubahan cara kita beragama.

“Untuk itu, mari kita jadikan momentum Idulfitri ini sebagai batu loncatan, agar kita bisa menjadi pribadi yang lebih baik. Bisa menjadi umat yang lebih baik. Bisa menjadi bangsa yang lebih baik. Yang lebih mengedepankan kebersamaan dan gotong royong,” ajaknya.

Dalam Idulfitri ini, tambahnya, mari kita sambut saudara kita dari rantau. “Tidak melihat bagaimana keadaannya. Layani, muliakan dan munculkan kebahagiaan bagi mereka,” tuturnya. (andes)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.

No More Posts Available.

No more pages to load.