Jumat, April 19, 2024

Shalat Idul Fitri di Lapangan Gumarang Batusangkar Ramai, Bukti Jamaah Sangat Antusias di Hari Kemenangan Umat Islam

Must read

Batusangkar, Dutametro – Pemerintah Kabupaten Tanah Datar menggelar Shalat Idul Fitri 1443 H perdana setelah dua tahun tertunda akibat pandemi Covid-19 melanda Indonesia dan Dunia, penyelengaraan itu diikuti antusias masyarakat maupun perantau yang baru pulang ke kampung halaman, Senin (2/5/2022), lapangan Gumarang, Batusangkar.

“Shalat hari raya idul fitri ialah puncak rangkaian ibadah yang kita lakukan selama bulan Ramadan. Ini penyelenggaraan perdana setelah pandemi Covid-19. Semoga Allah SWT menerima ibadah yang telah kita lakukan, mengampuni segala dosa dan kesalahan kita, mengembalikan kita kepada fitrah di hari kemenangan ini,” ujar Bupati Eka.

Tidak lupa Bupati Eka pun mengucapkan selamat datang bagi perantau telah sampai di kampung halaman dengan selamat untuk merayakan Idul Fitri bersama keluarga.

”kita bersyukur di tahun ini pemerintah pusat telah mengizinkan mudik, karena angka penyebaran Covid-19 yang semakin menurun. Tentunya ini adalah berkah, kita berdoa semoga pandemi ini segera berakhir, sehingga kita dapat kembali beraktifitas secara normal,” ujar Bupati Eka.

Bupati juga sampaikan kepada masyarakat Tanah Datar baik yang di ranah maupun di rantau mendukung dan mensuport pemerintah daerah dalam membangun kampung halaman.

Karena memang saat ini, Pemerintah Daerah tengah berupaya dalam mewujudkan visi-misi kedepannya dengan mewujudkan Tanah Datar madani berlandaskan Adat Basandi Syarak, Syara Basandi Kitabullah (ABS-SBK).

Sementara Ketua Panitia Hari Besar Islam (PHBI) sekaligus Wakil Bupati Richi Aprian mengatakan pihaknya telah berupaya untuk merangkul seluruh masjid dan musala di sekitar Batusangkar untuk melaksanakan sholat Idul Fitri 1443 H di lapangan Gumarang.

Setelah beberapa kali melaksanakan rapat dan pertemuan akhirnya hanya tiga masjid yang memberikan dukungan penuh untuk Shalat di Lapangan Gumarang ini, yaitu Masjid Taqwa Parak Jua, Masjid Muhammadiyah, dan Masjid Amaliah.

“Alhamdulillah, meski begitu patut kita syukuri adalah tahun ini kita bersama bisa berkumpul dan diizinkan Allah untuk melaksanakan ibadah sholat Idul Fitri di Lapangan Gumarang ini,” ujar Richi Aprian.

Ketua DPRD Tanah Datar Rony Mulyadi menyampaikan Alhamdulillah kita bersyukur kepada Allah dengan melandainya angka COVID-19, karena selama dua tahun umat muslim tidak bisa melaksanakan ibadah Idul Fitri bersama-sama.

“Semoga Allah SWT mencabut virus COVID-19 ini sehingga di tahun selanjutnya kita bisa mengikutinya secara bersama sama. Kami berterima kasih kepada pengurus PHBI Tanah Datar dengan terlaksananya Sholat Idul Fitri di lapangan Gumarang ini,” ujar Rony Mulyadi

Tampak hadir Forkopimda Tanah Datar, Bupati Tanah Datar Periode 2005-2010 M. Shadiq Pasadigoe, Ketua TP PKK Tanah Datar Ny. Lise Eka Putra dan Kepala OPD se Tanah Datar. (prokopim/tim)

More articles

IklanIklanIklan HuT RI

Latest article