Selasa, April 16, 2024

MELALUI RAPAT PARIPURNA ISTIMEWA DPRD, “HARI JADI KOTA KE- 232 DIPERINGATI”

Must read

Kamis 1 Desember 2022 Kota Padang memperingati Hari Jadi Kota ( HJK ) Padang Panjang ke-332 melalui rapat peleno istimewa DPRD.

Sejumlah bupati dan walikota di Sumatra Barat juga tampak hadir, termasuk mantan walikota/wakil walikota Padang Panjang, serta pejabat dan tokoh masyarakat juga banyaknya yang ikut menghadiri peringatan HJK Padang Panjang tersebut.

Berbagai rangkaian acara sebelumnya sudah digelar, diantaranya Temu Penyair Asia Tenggara ke-II , Art Fest II hingga beragam lomba yang melibatkan pelajar dan masyarakat. Kemudian ada pula penyerahan hadiah, Pin Emas bagi warga kota yang dinilai berjasa di bidangnya.

Ketua DPRD, Mardiansyah, A.Md ketika memimpin Rapat Paripurna Istimewa HJK ke-232, mengatakan, kita berharap Padang Panjang semakin berkembang, berprestasi, tertata dan sejajar dengan daerah lainnya di Sumbar maupun nasional, serta mampu menghasilkan prestasi,” ujarnya.

Ditahun terakhir masa kepemimpinan Fadly dan Asrul, hendaknya bisa menuntaskan program kerja melalui instrumen APBD 2023. Dirinya meminta program yang pro masyarakat diprioritaskan. HJK diharapkan menjadi semangat baru membangun Kota Padang Panjang.

Pemko mesti mampu menangkap berbagi peluang, menjadikan Padang Panjang sebagai tujuan wisata, mempersiapkan pekerja siap pakai, dan membina UMKM sebagai sektor yang mempengaruhi peningkatan pertumbuhan ekonomi, papar Mardiansyah.

Atas nama warga kota, Mardiansyah berharap, setiap program dapat terencana dan terlaksana serta bermanfaat untuk kepentingan masyarakat.

Pihaknya mengapresiasi prestasi dan capaian yang telah diraih. Dana Intensif Daerah (DID) yang diraih atas capaian kinerja tahun berjalan serta berbagai capaian lainnya.

Untuk itu kata Mardiansyah, Walikota harus melakukan evalusasi menyeluruh terhadap seluruh OPD dalam bekerja, termasuk manajemen waktu dan koordinasi dengan berbagai pihak. Sejalan dengan konteks ini,

“Kami ingatkan tentang kegiatan pembangunan Sport Center yang telah dimulai, satu-satunya kegiatan yang menelan dana yang cukup besar dan bagian dari visi misi Saudara, kiranya harus dikawal dengan sebaik-baiknya, sehingga dapat diselesaikan tepat waktu dan nantinya dapat dimanfaatkan untuk warga kota, termasuk untuk PORPROV Tahun 2023,” ujarnya.

Dengan tema Hari Jadi Kota Padang Panjang yang ke 232 yakni “Padang Panjang Berprestasi”, atas nama DPRD, “Saya berharap kiranya tema tersebut benar-benar mampu diaplikasikan dalam setiap gerak pemerintahan dan pembangunan, sehingga melahirkan prestasi demi prestasi yang membanggakan bagi warga kota.

Berprestasi tentunya harus dimaknai bahwa setiap OPD harus kreatif dan inovatif untuk memberikan pelayanan kepada masyarakat. Berprestasi juga menjadi semangat kebersamaan untuk membangkitkan ekonomi Kota sehingga pulih dan mampu meningkatkan kesejahteraan masyarakat,” papar Mardiansyah.

Sementara itu, Pada peringatan HJK kali ini, Wako Fadly Amran mengatakan, usia Kota Padang Panjang sudah 232 tahun, ini merupakan usia yang sudah teramat matang, terkhusus bagi kota yang sarat dengan dinamika dan catatan-catatan sejarah, ucapnya.

Fadly mengajak memaknai momentum HJK kali ini untuk memperkuat nilai-nilai penting yang harus dipupuk, kita lestarikan dan kita dorong secara terus menerus dan berkesinabungan. Nilai-nilai tersebut adalah nilai kesatuan untuk mempersatukan masyarakat yang semakin heterogen, di huni oleh berbagai macam suku dan etnis.

Jadikanlah HJK sebagai spirit masyarakat Kota Padang Panjang dalam menghadapi tantangan zaman, ujar Fadly.

Beberapa Prestasi yang sudah dicapai adalah, Repormasi Birokrasi Kota Padang Panjang mengalami peningkatan dari 50,49 pada 2018 menjadi 55,19 pada 2021, sedangkan target capaian 56,5 pada tahun 2022.

Akuntabilitas Kinerja Pemerintah atau SAKIP Kota Padang Panjang mengalami kenaikan, dari nilai 58,69 dengan predikat C pada 2020, menjadi 61,95 dengan predikat B pada 2021, dengan target dapat meningkat pada tahun 2022.

Laporan keuangan pemerintah daerah dapat dipertahankan Wajar Tanpa Pengecualian atau WTP selama enam kali berturut-turut. Hal ini menunjukkan stabilitas kinerja pengelolaan keuangan daerah yang baik dan memenuhi standar.

Indeks Kepuasan Masyarakat mengalami peningkatan dari 80,93 % pada 2018 menjadi 96,13 % pada 2021. Angka ini jauh melampaui target yang hanya 89%. Tahun 2022 ini kami berharap Indeks Kepuasan Masyarakat terhadap layanan Pemerintah Kota Padang Panjang dapat lebih baik lagi, Ucap Fadly Amran.

Semua capaian itu, tidak terlepas dari berbagai perbaikan yang telah dilakukan dalam aspek pelayanan pemerintahan. Seperti penerapan Smart City dengan pemberlakuan layanan-layanan online dan berbasis aplikasi. layanan perizinan online, administrasi kependudukan online, sistem pengaduan online, elektronifikasi transaksi Pemerintahan Daerah (cashless).

Peningkatan transparansi, akuntabilitas dan komitmen untuk menjadi kota berintegritas yang bebas dari korupsi, kolusi dan nepotisme, Ucap Wali Kota.

Sedangkan, Ketua KAN Lareh Nan Panjang, Dr. Arzul Jamaan, S.Kar, M.Hum Datuak Endah Kayo Nan Kuniang, berharap, lewat momentum HJK ada pemerataan kompetensi guru lewat Program Merdeka. Pembangunan Sport Center diharapkan dapat terlaksana dengan baik tidak meninggalkan persoalan dikemudian hari.

Kemudian, Gubernur Sumbar diwakili Asisten I Bidang Pemerintahan dan Kemasyarakatan, Devi Kurnia, M.H mengatakan, momen HJK ke-232 merupakan momentum kebersamaan menuju masyarakat sehat dan kebangkitan ekonomi Padang Panjang. Perayaan HJK juga menjadi penyemangat pemerintah kota menuju kejayaan Padang Panjang yang bermarwah dan bermartabat, ucapnya.

( Pulkani Zainur, SE )

More articles

IklanIklanIklan HuT RI

Latest article