Tingkatkan Minat Baca, DPK Sosialisasikan TPBIS

oleh -70 Dilihat
Dinas Perpustakaan dan Kearsipan (DPK) lakukan Sosialisasi Transformasi Perpustakaan Berbasis Inklusi Sosial (TPBIS).(Dok Pulkani)
Guna meningkatkan minat baca dan indeks literasi masyarakat di Kota Padang Panjang, Dinas Perpustakaan dan Kearsipan (DPK) lakukan Sosialisasi Transformasi Perpustakaan Berbasis Inklusi Sosial (TPBIS).

Sosialisasi diikuti lima calon perpustakaan kelurahan penerima manfaat dari program TPBIS. Lima kelurahan tersebut, Silaing Bawah, Bukit Surungan, Balai-Balai, Ekor Lubuk dan Guguk Malintang.

Kepala Bidang Perpustakaan DPK, Dra. Hj. Tuti Abdul Rajab, M.M didampingi PIC SIM TPBIS, Fitria Diane Pratiwi Syukri menyampaikan, sosialisasi ini dilaksanakan agar minat baca masyarakat bertambah dan diperlukan sinergisitas antara pemerintah pusat dan pemerintah daerah.

Program TPBIS telah dilaksanakan sejak 2020 lalu. Berbeda dengan tahun sebelumnya, kali ini melibatkan perpustakaan kelurahan sebagai peserta program. Nantinya perpustakaan kelurahan terpilih setelah melalui seleksi asesmen Perpusnas RI akan memperoleh bantuan buku, beberapa unit komputer, modem serta Smart TV.

“Untuk mendapatkan dan lolos seleksi, kita perlu laksanakan pembinaan agar perpustakaan sebagai pusat kegiatan masyarakat dapat meningkatkan kesejahteraan hidup melalui TPBIS,” ungkap Tuti.

Ia berharap, ke depan dapat bersama-sama mencerdaskan kehidupan anak bangsa melalui bahan bacaan dan kegiatan keterampilan yang dilaksanakan perpustakaan.

“Selain itu, ke depan seluruh perpustakaan yang ada mampu menjadi penggerak dunia literasi. Dengan membaca banyak ilmu bisa didapatkan,” ulasnya. (cigus)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

No More Posts Available.

No more pages to load.