Jumat, Maret 29, 2024

IGTKI-PGRI Pasbar Gelar Workshop Master of Ceremony Guru TK se-Pasaman Barat

Must read

Pasaman Barat,dutametro.com.- IGTKI-PGRI Pasbar Gelar Workshop Master of Ceremony Guru TK se-Pasaman Barat ,Guna untuk meningkatkan profesional dan wawasan Guru TK se-Pasaman Barat tentang Public Speaking agar tampil percaya diri.

Ikatan Guru Taman Kanak-Kanak Indonesia (IGTKI-PGRI) Kabupaten Pasaman Barat mengadakan Workshop Master of Ceremony (MC), Jum’at (3/2/2023) di Aula Kantor Dinas Kearsipan dan Perpustakaan (Disarpus).

Acara Workshop tersebut secara resmi dibuka oleh Bunda PAUD Pasbar Titi Hamsuardi didampingi Kabid PNFI Dinas Pendidikan Kasiman serta stakeholder terkait.

Titi Hamsuardi dalam arahannya menyampaikan Public Speaking merupakan hal penting dalam mendukung kelancaran pekerjaan sehari-hari, terutama yang berhubungan dengan kalayak banyak atau publik.

Ikatan Guru Taman Kanak-Kanak Indonesia (IGTKI-PGRI) Kabupaten Pasaman Barat”Sebagai Guru TK public speaking yang baik sangat perlu, agar ilmu dan informasi yang disampaikan kepada anak dapat diterima dengan baik tentunya dengan bahasa yang baik juga. Begitu pula berkomunikasi dengan para orang tua murid,” jelas Titi Hamsuardi.

Secara umum, lanjutnya dunia pendidikan PAUD di Pasbar sudah mengalami peningkatan yang cukup signifikan. Sebagai tenaga pengajar, para guru diminta agar terus berinovasi dalam memberikan ilmu kepada anak didiknya. Bagaimana seorang guru bisa tampil secara prima, dan tidak hanya fokus dalam mengajar saja namun harus bisa tampil sebagai MC yang handal dan bisa diterapkan kepada anak didiknya.

“Paling penting harus kreatif dan mandiri, mengingat zaman sekarang semuanya serba canggih dan seorang guru harus bisa mengimbangi dalam hal penguasaan teknologi,” ungkapnya.

Di Workshop tersebut juga mengundang Kepala Bappelitbangda Harnina Syahputri sebagai narasumber yang mengajarkan bagaimana seorang MC dituntut untuk memiliki kepercayaan diri, kreativitas, dan mampu melakukan improvisasi dengan baik.

Harnina Syahputri menyampaikan beberapa hal penting yang perlu diperhatikan dalam Public Speaking yakni, membangun rasa percaya diri, teknik vokal, artikulasi pernafasan, eyes contact atau kontak mata, body language and gesture, sistematika penyampaian dan keprotokolan.

Diakhir acara ia menekankan bahwa manfaat workshop Ikatan Guru Taman Kanak-Kanak Indonesia (IGTKI-PGRI) Kabupaten Pasaman Barat, ini untuk melatih para guru menjadi MC yang bisa dimanfaatkan ditengah-tengah masyarakat maupun disekolah itu sendiri. (*)

More articles

IklanIklanIklan HuT RI

Latest article