Jumat, Maret 29, 2024

Kemajemukan Etnis dan Agama di Sumbar, Terawat dalam Harmonisasi

Must read

Ada 15 etnis yang berdiam di Sumbar dan ada enam agama yang ada di Sumbar. Kondisi ini berpadu indah dalam budaya Minangkabau. Beragam etnis dengan masing-masing pemeluk agama ini hidup rukun dan dikokohkan oleh peran organisasi kemasyarakatan seperti FKPT, FKUB, FKDM, dan Forum Pembauran yang bahu-membahu merawat kedamaian itu.

“Keempat forum ini kita minta berkolaborasi untuk menjadikan Sumatera barat sebagai provinsi yang inklusif dan tentu saja sebagai provinsi yang mengedepankan harmonisasi,” kata Kepala Badan Kesbangpol Sumbar, Dr. Jefrinal Arifin ketika bertemu dengan pengurus Forum Koordinasi Pencegahan Terorisme (FKPT) Sumbar di Padang, Rabu (2/3/2022) sore.

Jefrinal berharap dengan adanya FKPT hendaknya bisa membuat Sumatera Barat menjadi provinsi yang jauh dari isu-isu radikalisme apalagi terorisme.

Ketua FKPT periode 2019 – 2021, Dr. Zaim Rais, yang hadir pada kesempatan itu menyebutkan bahwa regenerasi memang hal yang lumrah di semua organisasi, termasuk FKPT. “Kini giliran yang lebih muda, yakni Ketua yang baru, Adil Mubarak yang akan meneruskan upaya membuat Sumbar menjadi provinsi harmoni, jauh dari isu radikalisme dan terorisme,” kata Zaim yang petang itu menyerahkan tugas kepada Adil Mubarak yang menjadi Ketua FKPT Sumbar periode 2022-2025.

Zaim berharap melalui Kepala Badan Kesbangpol, Pemprov dapat hendaknya memberi dukungan anggaran bagi program-program sosialisasi bahaya radikalisme dan terorisme yang menjadi tupoksi FKPT sebagai perpanjangan tangan BNPT.

Sementara itu Ketua FKPT yang baru, Adil Mubarak menyampaikan terimakasih kepada Badan Kesbangpol Sumbar dan pengurus FKPT sebelumnya atas dukungan dan dorongan untuk pengurus baru menjalankan tugas yang diamanahkan BNPT.

Adil menyebutkan dalam tahun ini sebagai mana tahun sebelumnya FKPT akan melaksanakan lima kegiatan di Padang dan di empat kota lainnya di Sumbar. “Bentuknya masih lebih banyak berupa sosialisasi dan seminar tentang pencegahan radikalisme dan terorisme,” kata Adil.

Pengurus baru FKPT Sumbar dilantik oleh kepala BNPT Komjen pol Boy Rafly Amar di Malang Jawa Timur serentak bersama pengurus FKPT provinsi lainnya. Pengurus FKPT Sumbar dilengkapi dengan Sekretaris, Fajar Noor Ramadhian, S.IP, Bendahara, Ridwan Hosen, Kabid Agama, Sosial Ekonomi dan Budaya, Dr. Rahmat Tuanku Sulaiman, MM, Kabid Pemuda dan Pendidikan, Marta Suhendra, S.Pd, M.Pd, Kabid Perempuan dan Anak, Ruri Juswira, ST, M.CIO, Kabid Media Massa, Hukum dan Humas, Heranof Firdaus.
(Eko)

More articles

IklanIklanIklan HuT RI

Latest article