Jumat, Maret 29, 2024

Pengurus PCNU Solok Selatan Masa Khidmat 2021-2026 dilantik

Must read

Pelantikan dan Musyawarah Kerja Pengurus Cabang Nahdatul Ulama (PCNU) Solok Selatan Masa Khidmat 2021 – 2026 sekaligus peresmian gedung KUA Sangir dan Bangunan Sekolah MAN 2 Solok Selatan diselenggarakan di Aula Sarantau Sasurambi Kantor Bupati Solok Selatan, Rabu (02/03/2022). 

Pelantikan ini langsung dilakukan oleh Ketua PWNU Sumatera Barat, Prof. Drs. Ganefri, M. Pd, Ph,D yang juga menjabat sebagai rektor Universitas Negeri Padang (UNP), dan juga dihadiri oleh Bupati dan Wakil Bupati Solok Selatan, Kakanwil Kemenag Sumbar, Ketua DPRD Solok Selatan, Wakil Dekan UNP, Forkopimda, Kepala Kemenag Solok Selatan, Kepala OPD, Camat, Wali Nagari, Kepala KUA dan Sekolah serta Muslimat NU.

Mengangkat tema kegiatan, untuk dapat mengoptimalkan nilai-nilai Ahlussunnah Wal Jamaah (ASWAJA) di Ranah Sarantau Sasurambi demi terwujudnya islam yang Rahmatalil ‘Alamin, Bupati Solok Selatan H Khairunas menyambut positif dan mendukung pelaksanaan kegiatan ini.

“Semoga Nilai-nilas ASWAJA terwujud di Solok Selatan, dan selamat atas dilantiknya PCNU Solok Selatan’’, Sebut BUpati.

Dalam membangun Kabupaten Solok Selatan, diperlukan dukungan dari semua pihak, termasuk organisasi kemasyarakatan terbesar di Indonesia seperti NU. Untuk itu, program pendidikan bidang keagamaan merupakan salah satu program unggulan Pemerintah Kabupaten Solok Selatan, program 1 jorong 1 rumah tahfidz.

“Untuk itu diperlukan sinkronisasi program Pemkab Solok Selatan dengan jajaran kementerian agama dan organisasi kemasyarakatan termasuk Pengurus Cabang Nahdlatul Ulama guna menjalankan program-program pemerintah khususnya Program Keagamaan”, tutur H Khairunas. 

Sesuai dengan penyataan Kakanwil Kemenag Sumatera Barat, pada saat audiensi beberapa hari yang lalu, akan menjadikan Kabupaten Solok Selatan sebagai pilot project salah satu program yaitu Khazanah Surau, secara teknis ini nantinya segera direalisasikan dan dikolaborasikan bersama dengan OPD terkait.

Kakanwil Kemenag Sumbar Dr. Helmi, mengapresiasi dan mengucapkan terima kasih untuk Pemkab Solok Selatan yang sangat mendukung dan menfasilitasi kegiatan pelantikan NU, karena sangat jarang sekali pemerintah daerah untuk menfasilitasi kegiatan ormas ini. 

Lebih lanjut dia menjelaskan bahwa Kementrian agama memiliki visi menjadi kementerian agama yang profesional dalam membangun masyarakat yang sholeh, moderat, cerdas, dan unggul untuk Indonesia. Visi ini perlu diwujudkan juga di Kabupaten Solok Selatan, kepada pengurus NU yang telah dilantik untuk memahami moderasi beragama, sebuah pemahaman agama yang selama ini dianut oleh masyarakat kita termasuk di Kabupaten Solok Selatan.  

Ketua Tanfidziyah PCNU Kabupaten Solok Selatan masa khidmat 2021-2026, Yulkisra menjelaskan, pelantikan ini adalah bentuk eksistensi NU secara Jamm’iyah dan akan membahas upaya-upaya yang sistematis dan terencana dalam menanggulangi bahaya yang dapat merusak kehidupan berbangsa dan bernegara yang kemudian dirumuskan menjadi program kerja NU. (Met)

More articles

IklanIklanIklan HuT RI

Latest article