Kamis, Maret 28, 2024

Seratus Persen Rumah Hancur di Kampung Rawang Malampah

Must read

Pasaman, Dutametro – Gempa yang melanda Pasaman beberapa waktu lalu menyisakan luka bagi beberapa daerah. Seperti yang dilihat, nyaris seratus persen rumah permanen di Kampung Rawang, Jorong Bukit Lintang, Nagari Persiapan Malampah Barat, Kecamatan Tigo Nagari, Kabupaten Pasaman, hancur rata dengan tanah dan sebagian lainnya tak layak huni.

Terdata, dari 95 KK (rumah) di Kampung Rawang, 90 bangunan rumah permanennya rubuh dan hancur.

“Yang masih utuh paling lima rumah kayu dan rumah susun sirih (bambu dilapis semen). Sementara yang lainnya rubuh dan pecah-pecah,” tutur Samaik (45 th), warga Rawang yang rumahnya ikut hancur.

Samaik berkisah, musibah gempa dahsyat sudah dua kali Ia alami, yakni gempa Sumbar tahun 2009 lalu dan tahun 2022 ini.

“Tahun 2009 lalu lebih parah lagi, bangunan rumah Saya hancur total, atap rumah sudah berada diatas tanah, sama dengan bangunan rumah disebelah ini,” ujar Samaik, sambil menunjuk rumah sebelah yang rata dengan tanah.

Samaik bersama istri dan ketiga anak nya, selamat dalam musibah gempa Malampah Jumat pagi (25/2) pekan kemaren. Dan 400-an warga Rawang lainnya, juga selamat.

Junir (40 th) ‘Mamak Rumah’ Samaik menambahkan, saat ini warga Rawang mengungsi di SD 20 Kalimanang.

“Alhamdulillah bantuan logistik dari posko induk kecamatan rutin datang, dan pengungsi tidak pernah kekurangan makanan,” ujar Junir. Bud/sc

More articles

IklanIklanIklan HuT RI

Latest article