Kamis, Maret 28, 2024

Final Qasidah Rabana antar OPD, Gubernur Bengkulu: Pemahaman Agama OPD Harus Meningkat

Must read

Bengkulu, Dutametro.com – Final Qasidah Rabana Antar Organisasi Perangkat Daerah (OPD) se-Provinsi Bengkulu berlangsung semarak, Senin (3/4/2023) di pelataran halaman Masjid Alif Lam Mim Pemprov Bengkulu. Sebagai 12 OPD yang telah lolos dari babak penyisihan, menunjukkan talentanya untuk meraih juara umum.

Adapun ke 12 OPD tersebut adalah, Disnakertrans Prov. Bengkulu, Dinas Perkim Prov. Bengkulu, BPKD Prov. Bengkulu, Asisten I Setda Prov. Bengkulu, Dinas ESDM, Inspektorat, Dispora, Dinas Pariwisata, Dikbud Prov. Bengkulu, Dinkes, Dinas Sosial dan DP3APPKB.

Disampaikan Gubernur Bengkulu Rohidin Mersyah bahwa dalam lomba Qasidah Rabana antar OPD ini, ada 3 poin penting yang menjadi esensi dari dilaksanakannya lomba ini, yang pertama adalah meningkatkan suasana gembira keakraban. Kedua adalah silaturahmi, sekaligus yang ketiga adalah menjadi media syiar agama.

“Kegiatan seperti ini positif, ada keseruan tersendiri dari digelarnya lomba Final Qasidah ini, kita pernah membuat kajian mengundang penceramah dari Jakarta tapi, tidak semangat seperti ini, hanya sebagian yang hadir, jadi kegiatan ini tidak hanya dapat serunya tetapi syiar agamanya juga dapat,” jelas Gubernur Rohidin.

Gubernur Rohidin berkeinginan agar pemahaman tentang keagamaan khususnya di jajaran Pemerintah Provinsi Bengkulu dapat lebih meningkat. Karena tidak dipungkiri bahwa mayoritas masyarakat bersekolah di sekolah umum, dibandingkan dengan sekolah agama. Porsi sekolah umum dalam belajar agama, hanya sedikit, dibandingkan sekolah keagama di mana porsinya lebih utama.

“Saya ingin melalui center poin Masjid Alif Lam Mim ini bagaimana pengetahuan agama kalangan OPD ini juga dapat meningkat,” jelas Gubernur Rohidin.

Selain lomba Final Qasidah, dalam menyemarakkan bulan suci Ramadhan ini, juga akan dilaksanakan Lomba Pemahaman Agama yang diikuti oleh seluruh OPD, beranggotakan 4 orang setiap timnya dengan peserta Kepala OPD masing-masing Dinas atau Biro sebagai juru bicara.

“Tujuan kita bagaimana kebutuhan dasar kita beragama, itu secara individu terstandar, materinya tidak perlu terlalu tinggi, misalnya tentang rukun iman, itukan standar yang kita orang awam yang bukan dari pesantren pun harus paham, karena itu dasar dari beribadah,” tutup Gubernur Rohidin.

Terkait dengan pengumuman juara lomba Final Qasidah Rabana antar Organisasi Perangkat Daerah (OPD) se-Provinsi Bengkulu, direncanakan akan diumumkan pada akhir Ramadhan bersamaan dengan pengumuman Lomba Pemahaman Agama. [Mc]

More articles

IklanIklanIklan HuT RI

Latest article