Senin, Juli 22, 2024

Saluak Penghulu Dipasangkan, Hendri Septa Segera Sandang Gelar Adat Dt. Alam Batuah

More articles

PADANG – Diarak ratusan anak kemenekannya dari Simpang Lubuk Begalung ke Rumah Gadang Suku Chaniago di Jalan Raya Lubeg, Wali Kota Padang Hendri Septa secara resmi dipasangkan Saluak Penghulu oleh Ketua Kerapatan Adat Nagari (KAN) Nan 20 Lubuk Begalung, H Admiral Dt. Rajo Sampono, Jumat (3/5/2024).

Sebelum prosesi pemasangan, Saluak Penghulu terlebih dahulu diserahkan oleh Mamak Kapalo Warih Suku Chaniago Sumagek Delfian Sari Marajo kepada Ketua KAN Nan 20 Lubuk Begalung, H. Admiral Dt. Rajo Sampono untuk kemudian dipasangkan ke Hendri Septa yang akan menyandang gelar adat Datuak Alam Batuah.

“Dengan dipasangkannya Saluak Panghulu, Hendri Septa Dt. Alam Batuah sudah bisa dibao tagak samo tinggi, duduak samo randah, lah bisa dibao saiyo sakato (Dengan dipasangkannya Saluak Penghulu, Hendri Septa Dt. Alam Batuah sudah bisa dibawa berdiri sama tinggi dan duduk sama rendah, sudah bisa dibawa berdiskusi bersama),” kata H. Admiral Dt. Rajo Sampono.

Pemasangan Saluak Penghulu merupakan salah satu prosesi wajib yang harus dijalani calon Niniak Mamak sebelum dilewakan sebagai penghulu.

Hendri Septa sendiri akan dilewakan sebagai Dt. Alam Batuah Penghulu Suku Chaniago di kediaman orangtuanya, Jalan Kis Mangunsarkoro, Kelurahan Jati Baru, Kecamatan Padang Timur, Sabtu (4/5).

Prosesi Malewakan Batagak Panghulu tersebut direncanakan juga bakal dihadiri Menteri Perdagangan Republik Indonesia, Zulkifli Hasan dan Gubernur Sumbar, Mahyeldi. (Taufik/Ivan/Hariz/Charlie)

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini

- Advertisement -spot_img

Latest