Wakil Bupati H Yulian Efi Lepas Jamaah Calon Haji Solok Selatan

oleh -106 Dilihat

Suatu kemuliaan dan keberkahan yang diberikan Allah SWT, kepada jemaah calon Haji yang dapat berangkat untuk melaksanakan ibadah haji pada Tahun 2022 ini.

Ungkapan ini disampaikan Wakil Bupati H. Yulian Efi saat melepas keberangkatan jemaah calon Haji Solok Selatan di Aula Sarantau Sasurambi, Jumat (3/6/2022).

Wabup berpesan kepada seluruh jemaah untuk menjaga diri dan menerapkan protokol kesehatan yang telah ditetapkan serta menerapkan pola hidup sehat selama di tanah suci.

Selain itu, diharapkan jemaah calon haji, untuk dapat  mengambil kesempatan tawaf sesering-seringnya selagi ada kesempatan dan agar selalu berusaha fokus dalam menunaikan semua tahapan ibadah haji.

“Saat bapak/ibu di sana (Mekkah), Fokuskan pikiran untuk beribadah, berusahalah untuk khusyu’ karena itu adalah kesempatan langka yang diberikan Allah SWT,” pesan Wabup.

Sementara itu, menurut Kepala Kemenag Solok Selatan, Drs. H Khasmir, MM, kuota tertunda jemaah calon haji asal Solok Selatan Tahun 2020 sebanyak 25 orang, sesuai aturan dari pemerintah Arab Saudi yang membatasi bahwa umur jemaah calon haji adalah 65 tahun kebawah, maka dari 25 orang calon Jemaah, berangkat menjadi 11 orang calon Jemaah haji pada Tahun 2022.

Jemaah calon haji Solok Selatan digabungkan ke dalam kloter 3 dengan jumlah 393 orang. Adapun kloter 3 tersebut terdiri dari Kabupaten Lima Puluh Kota, Agam, Sijunjung, Kota Sawahlunto, Mentawai dan Pendamping Haji Daerah (PHD) serta Petugas Kloter.

Sesuai jadwal yang telah ditetapkan keberangkatan dan pemulangan jemaah haji pada Embarkasi Padang, Jemaah calon haji pada Kloter 3 Sumatera Barat akan masuk asrama pada tanggal 5 Juni dan terbang pada tanggal 6 Juni menuju Kota Madinah serta akan tiba di Indonesia pada tanggal 17 Juli nanti.

Terkait suhu di Mekkah berkisar antara 48 sampai 50 Derajat Celcius, diharapkan kepada seluruh jamaah untuk sering minum. Karena jika air dalam tubuh tidak cukup, maka daya tahan tubuh akan melemah dan tentu saja akan menggangu pelaksanaan ibadah”, ungkap Khasmir. 

Untuk diketahui, pelaksanaan haji pada Tahun 2022 ini merupakan Haji Akbar atau Haji Besar, karena wukuf dilaksanakan pada tanggal 8 Juli 2022 yang bertepatan dengan hari Jumat.

Kegiatan ini turut dihadiri Ketua DPRD yang diwakili Dede Pasarela, Sekdakab Dr. Syamsurizaldi, S.IP, SE, MM, Forkopimda, Asisten, Staf Ahli, Kepala OPD serta jajaran Kemenag Solok Selatan. (Met)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.

No More Posts Available.

No more pages to load.