Selasa, Juli 23, 2024

Warga Dusun Lima Jorong Kayu Aro Melakukan Goro Bersama

More articles

Solok, dutametro.com .-Warga Dusun Lima Jorong Kayu Aro Melakukan Goro Bersama.Warga dusun lima Jorong kayu Aro Nagari Batang Barus Kecamatan Gunung Talang Kabupaten Solok melakukan goro bersama Minggu (2/6/2024).

Goro tersebut dilakukan lantaran sudah hampir satu Bulan warga sekitar tidak mendapatkan air bersih yang memadai, untuk itu warga dusun lima Jorong Kayu Aro melakukan goro bersama untuk menyusuri setiap pipa yang ada di sepanjang jalur yang dilintasi pipa yang terpasang.

sedikitnya ada sekitar enam kilo lebih kurang pipa air bersih terpasang dari sumber menuju pemungkiman warga dusun lima tersebut, adapun Sember air bersih tersebut berada di Jorong Kayu Jao, masih dalam kenagarian Batang Barus.

Menurut salah satu warga, Asep dan ujang melemahnya tekanan air tersebut sudah banyak di konek (diambil) warga yang bukan lagi berada di Dusun lima yang tidak berapa jauh dari sumber itu, padahal air bersih tersebut teruntuk untuk warga dusun lima, dari PT.Tirta Investama Solok (Aqua) di Jorong Kayu Aro.
yang mana bersumber dari bantuan dana CSR. (Corporate Social Responsibility) seperti kita ketahui Perusahaan. Corporate Social Responsibility atau Program CSR adalah suatu konsep dimana perusahaan bertanggung jawab atas dampak sosial dan lingkungan yang dihasilkan oleh kegiatan bisnisnya seperti masalah polusi, limbah, sampai masalah keamanan, dana ini yang didapat warga dusun lima tersebut.

Namun akir akir ini warga mengeluhkan kondisi air bersih yang tidak lagi memadai sehingga hampir satu Bulan warga tidak lagi mendapatkan air bersih tersebut, padahal seperti di ketahui Jorong Kayu Aro penghasi air bersih terbaik dari beberapa daerah lainnya, namun miris bagi warga yang berada di Dusun lima yang kesulitan untuk mendapatkan air bersih.

Padahal dulu warga sekitar tidak mengeluhkan kondisi air bersih karena Dusun lima bernama Air Badak boleh dikatakan cukup besar sungai melintasi daerah itu, tidak diketahui pasti sekarang sungai itu tidak lagi bisa diharapkan jika sudah masuk musin panas sungai itu mengering, namun banyak warga mengkuatirkan menduga semenjak di buka perkebunan teh oleh PTPN 6 Danau Kembar Kantor Perusahaan yang berada di Jorong kayu jao, Nagari Batang Barus Kecamatan Gunung Talang Kabupaten Solok, air itu menyusut, Wallahualam (def)

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini

- Advertisement -spot_img

Latest