Senin, Juli 22, 2024

Lemhanas RI Gelar Dialog sebagai Prioritas Nasional, Membangun SDM Menuju Indonesia Emas 2045

More articles

Padang,dutametro.com.-Sekretaria Utama Lemhanas RI Komjen Pol Drs. R.Z. Panca Putra S., M.Si. membuka secara resmi Dialog Wawasan Kebangsaan.

“Dialog Wawasan Kebangsaan dengan 100 peserta dengan resmi saya buka,”ujar Komjen Pol Drs. R.Z. Panca Putra S., M.Si., Rabu 3/7-2024 di Ball Room Hotel Pangeran Beach Padang, juga ditandai dengan pengalungan tanda peserta kepada perwakilan peserta Dialog Wawasan Kebangsaan.

Komjen Pol Drs. R.Z. Panca Putra S., M.Si. membacakan sambutan tertulis Gubernur Lemhanas RI ini kegiatan lembaga ketahanan nasional.

“Kegiatan ini bagian dari prioritas nasional ditetapkan pemerintah dalam rencana kerja pemerintah 2024. Jadi prioritas karena sinergis dengan RPJM yaitu membangun karakter bangsa yang memiliki wawasan kebangsaan bangsa Indonesia,”ujar Komjen Panca.

Lemhanas RI didirikan 1965, untuk mewujudkan ketahanan nasional.

“Ketahanan nasional adalah kondisi dinamis bangsa Indonesia sebagai bangsa besar yang bersepakat dari Sabang sampai Merauke memproklamirkan kemerdekaan Indonesia,”ujar Komjen Panca.

Dialog Wawasan Kebangsaan 2024 untuk perkuat kapasitas manusia untuk menyongsong Indonesia Emas 2045.

“Dialog Wawasan Kebangsaan ini diikuti 100 peserta terdiri dari Ormas, organisasi kemahasiswaan, pemuda, birokrat, TNI dan Polri, pria 60 orang dan wanita 40 orang, berlangsung selama tiga hari,”ujar Deputi Pemantapan Nilai-Nilai Kebangsaan Lemhanas RI TNI Rido Hermawan, M.Sc.

Empat materi implementasi nilai Pancasila, UUD 1945, NKRI dan Bhineka Tunggal Ika, pengenalan Kelemhanasan dan kenapa program DWB dilaksanakan, dan perkembangan lingkungan strategis. Materi kearifan, lalu membuat esai soal masalah dan solusi, serta diskusi.

Menurut Adrian Tuswandi peserta mewakili PWI Sumbar kegiatan penting bagi anak bangsa.

“Akan lebih memperkuat rasa cinta bangsa, rasa bela negara dan semuanya, anak muda harus diperbanyak porsinya supaya mantap nilai bangsa dan oke karakter anak bangsa menuju Indonesia Emas 2044,”ujar Toaik biasa Adrian disapa banyak kalangan. (***)

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini

- Advertisement -spot_img

Latest