Kamis, Maret 28, 2024

Bupati Pasbar Hamsuardi Buka Lomba MTQ Kecamatan Pasaman di Mesjid Al-Falah Jambak

Must read

Bupati Pasaman Barat Hamsuardi menyampaikan, Pada MTQ Nasional ke-39 tingkat Provinsi Sumatera Barat (Sumbar) lalu, Pasaman Barat berhasil meraih peringkat ke sembilan. Untuk Tahun depan diharapakan bisa berada diperingkat lima besar dan terus mengalami peningkatan.

“Untuk mencapai hal itu memang tidak mudah, sebab biasanya dipegang oleh kota-kota besar. Namun kita harus optimis, jadikan MTQ hari ini sebagai upaya dalam mencari bibit unggul yang akan dibina untuk mengikuti MTQN ke 40 mendatang. Saya berharap kita selalu semangat dan tidak boleh kalah,” sebut Bupati Hamsuardi saat membuka Lomba Musabaqah Tilawatir Quran (MTQ) tingkat Kecamatan Pasaman tahun 2022 M/ 1444 H di Mesjid Al-Falah Jambak, Nagari Lingkuang Aua, Kecamatan Pasaman, Rabu (3/8/2022).

Ia mengucapkan terima kasih kepada semua pihak dan seluruh lapisan masyarakat yang telah mendukung kegiatan keaagamaan itu.

“Seperti yang disampaikan pada sambutan sebelumnya, beberapa kecamatan sudah melaksanakan kegiatan serupa. Namun pelaksaan MTQ ini, adalah pelaksanaan MTQ yang sangat meriah dibanding yang sebelum-sebelumnya,” ungkap Hamsuardi.

Ia menambahkan, program unggulan Pasbar adalah magrib mengaji dan tahfizh Al-Qur’an. Tujuan dari visi misi dibidang agama itu agar setiap rumah di Pasbar membaca dan menghafalkan Al-Qur’an. Ia berharap, program itu didukung Da’i nagari, camat, wali nagari, jorong, serta tokoh-tokoh masyarakat.

Sementara itu, Kepala Kantor Kementerian Agama (Kakan Kemenag) Pasbar M. Nur mengungkapkan rasa bangganya dalam menyambut kegiatan MTQ tersebut.

Untuk itu, ia berterimakasih kepada semua pihak yang turut serta dalam menyukseskan MTQ se-Kecamatan Pasaman. Ia optimis, kegiatan yang dilakukan dapat melahirkan kafilah yang akan mengikuti perlombaan MTQ nasional.

“Kegiatan ini merupakan wadah untuk mengukur keberhasilan TPA, Madrasah, sekolah-sekolah yang menjadikan Al-Qur’an sebagai sumber kekuatan umat beragama. Terima kasih kepada camat, wali, jorong, panitia, tokoh agama, semua pihak yang terlibat. Sesungguhnya yang kita lakukan ini juga sebagai perwujudan visi misi bupati Pasbar,” sebutnya.

Selain itu, Camat Pasaman Jon Endri mengatakan MTQ tersebut dilaksanakan atas dukungan dari Wali Nagari, KUA, serta para Da’i dan penyuluh agama Kecamatan Pasaman. Ia berharap, peserta lomba mengikuti kegiatan tersebut dengan baik.

Ahmad Husen selaku ketua panitia lomba melaporkan MTQ tingkat Kecamatan Pasaman itu diikuti oleh 132 orang peserta. Cabang lomba yang diperlombakan meliputi cabang Tilawah TK, Tartil, dan Tahfidz. Kegiatan yang diselenggarakan bertujuan untuk membangun kecintaan seorang muslim untuk terus belajar Al-Qur’an dan juga sebagai peningkatan iman dan ketakwaan kepada Allah SWT.

Diakhir kegiatan Bupati Hamsuardi menyerahkan bantuan sebesar Rp.2.000.000 kepada ketua panitia lomba MTQ Kecamatan Pasaman.Buka Lomba MTQ Kecamatan Pasaman, Bupati Hamsuardi Optimis Pasbar Raih 5 Besar MTQN ke- XL. (*)

More articles

IklanIklanIklan HuT RI

Latest article