Satpol PP Payakumbuh Selama 2021 Menaikkan 18 Pelanggar Perda

oleh -111 Dilihat
Kepala Satpol PP Kota Payakumbuh, Dony Prayuda.

Payakumbuh, Dutametro – Satuan Polisi Pamong Praja (Satpol PP) Kota Payakumbuh, Sumatera Barat selama 2021 telah menaikkan 18 pelanggar perda ke persidangan untuk menjalani sidang tindak pidana ringan (tipiring).

Kepala Satpol PP Kota Payakumbuh, Dony Prayuda di Payakumbuh, Selasa (04/01), mengatakan selama 2021 tercatat ada 197 pelanggar perda yang ada di Kota Payakumbuh.

“Rinciannya, sebanyak 107 pelanggar Perda ketertiban umum, 90 pelanggar Perda penyakit masyarakat. Dari jumlah itu ada 18 kasus yang jalani sidang tipiring,” kata dia.

Ia mengatakan sepanjang 2021 pihaknya memang lebih fokus untuk melakukan penegakan Perda Provinsi Sumbar Nomor 6 Tahun 2020 tentang Adaptasi Kebiasaan Baru (AKB).

Menurutnya, pihaknya juga fokus melakukan sosialisasi kepada masyarakat, termasuk melakukan operasi yustisi di tempat-tempat umum.

“Tahun lalu, kami selaku penegak Perda memang lebih banyak melakukan operasi yustisi dalam penegakan Perda Nomor 6 Tahun 2020 tentang AKB sepanjang 2021, kami mencatat sebanyak 10.958 pelanggar prokes,” ujarnya.

Ia mengatakan dari jumlah pelanggaran Perda AKB tersebut, terdapat 114 pelanggar yang harus didenda, baik itu perseorangan ataupun pelaku usaha.

“Kita proses sesuai dengan tingkatan atau kasus yang dilakukan bisa dibina atau memang harus didenda,” katanya.

Disampaikannya bahwa Kota Payakumbuh sebagai daerah perlintasan memang cukup rawan pelanggaran Perda ataupun hukum lain.

“Kota Payakumbuh ini adalah tempat singgah. Untuk itu, dalam menjaga kondusifitas daerah, kami selalu berupaya bekerja sama dengan instansi terkait,” ujarnya. Yuridis

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.

No More Posts Available.

No more pages to load.