Jumat, Maret 29, 2024

Jumat Curhat, Warga Keluhkan Konvoi Motor Perguruan Silat yang Ganggu Ketertiban Jalan

Must read

Sukoharjo,dutametro.com.- Dalam rangka mendekatkan diri dan menyerap aspirasi masyarakat Jumat curhat, Polres Sukoharjo menggelar kegiatan Safari Sholat Jumat di Masjid Abdurrahman bin Muhammad, Kelurahan Joho, Sukoharjo, Jumat (3/2/2023).

Kapolres Sukoharjo AKBP Wahyu Nugroho Setyawan, mengatakan, Safari Sholat Jumat tersebut merupakan tindak lanjut dari program Polri Presisi dalam menyerap aspirasi masyarakat mengenai situasi Kamtibmas setempat.

“Program ini dinamakan Jumat Curhat, yaitu program kepolisian menyambangi warga untuk menyerap informasi dari masyarakat mengenai situasi Kamtibmas di wilayah tersebut,” ujarnya.

“Selain itu, Jumat Curhat juga untuk menyerap aspirasi dari warga dalam memajukan Polri dalam bertugas memberikan Perlindungan, pengayoman, dan pelayanan kepada masyarakat,” imbuhnya.

Dalam kegiatan Jumat Curhat di wilayah Joho tersebut, Kapolres Sukoharjo menyampaikan imbauan kepada masyarakat untuk bersama-sama menjaga situasi Kamtibmas yang kondusif.

“Disini kami dari kepolisian mengajak saudara-saudara sekalian untuk bersinergi dalam menjaga keamanan dan kerukunan ditengah-tengah masyarakat,” ungkap AKBP Wahyu.

Lebih lanjut, Kapolres menjelaskan bahwa keamanan dan ketertiban masyarakat bukan hanya tugas dari pihak kepolisian, melainkan tugas dari semua komponen masyarakat.

“Untuk itu kami memerlukan bantuan dari seluruh lapisan masyarakat dalam menjaga Kamtibmas. Kami juga telah menyebar Call Center 110 dan WA Center Lapor Kapolres Sukoharjo di nomor 081234342003 untuk memudahkan masyarakat melapor ke pihak kepolisian apabila terjadi gangguan Kamtibmas. Harapannya dengan Call Center dan WA Center ini masyarakat tidak segan untuk berkoordinasi dengan Polri dalam menjaga keamanan wilayah,” katanya.

Pada kesempatan tersebut, Kapolres juga berpesan kepada masyarakat untuk dapat menggunakan masjid selain untuk beribadah, juga untuk sarana memberi edukasi yang bermanfaat untuk mengajak dalam kebaikan, salah satunya dalam menjaga kerukunan dan toleransi dalam bergama.

Saat tiba acara saran dan masukan, salah seorang jamaah, Mahmud, menyampaikan keresahannya tentang banyaknya anak-anak muda dari organisasi perguruan silat yang sering melakukan konvoi-konvoi motor yang mengganggu ketertiban di jalan sambil membawa bendera-bendera lambang organisasinya.

Ia juga menyayangkan adanya anak-anak muda yang kerap mabuk-mabukan di Lapangan Joho saat malam hari.

“Mohon hal tersebut untuk segera disikapi dan ditindaklanjuti oleh kepolisian,” ujarnya kepada Kapolres Sukoharjo.

Ismanto, seorang warga lainnya juga menyampaikan keluhannya terhadap kenakalan pelajar SMP dan SMA yang sering kali bolos sekolah. Ia berharap adanya sosialisasi dan pembinaan dari kepolisian ke sekolah-sekolah untuk mengedukasi para pelajar tentang bahaya dari kenakalan remaja.

Menanggapi hal tersebut, Kapolres mengungkapkan bahwa pihaknya juga akan meningkatkan patroli dan penindakan pelanggaran dalam penanggulangan konvoi-konvoi motor yang liar maupun pesta miras.

Kapolres juga menjelaskan bahwa pihaknya juga telah berkoordinasi dengan sekolah-sekolah terhadap penanggulangan kenakalan pelajar.

(Vio Sari/Humas)

More articles

IklanIklanIklan HuT RI

Latest article