Sabtu, Juli 13, 2024

Destinasi dan Objek Wisata Sawahlunto Siap Sambut Wisatawan di Momen Libur Idul Fitri

More articles

Sawahlunto, dutametro.com – Dinas Periwisata Pemuda dan Olahraga (Parpora) Kota Sawahlunto menargetkan angka kunjungan wisata di 2024 ini sebanyak 225.895 pengunjung. Angka tersebut merupakan total angka kunjungan pada 2023 yang sekaligus menjadi target ditahun ini. Data angka hingga Februari 2024 terdapat 23.432 wisatawan.

Kadis Parpora Sawahlunto, Adri Yusman mengatakan, menyambut libur lebaran Idul Fitri 1445 Hijriyah, berbagai objek dan destinasi telah melakukan berbagai persiapan dan juga pembenahan dimana juga telah berkoordinasi dengan instansi terkait seperti Dinas Perhubungan dan pengelola objek wisata.
“Salah satu destinasi yang diharapkan mendulang kunjungan wisata, yakni Geosite Batu Runciang Silungkang, dimana pasca dilaunching destinasi ini mendatangkan lebih dari 7 ribu pengunjung. Dan pada 6 hari libur lebaran nanti diprediksi akan mampu mendatangkan sekitar 10 ribu wisatawan,” kata dia, Kamis (4/4/2024).

Di 2024 ini sebut Adri Yusman, juga akan dilakukan pembenahan kawasan wisata Kandi dengan anggaran Rp3,8 miliar dari Bantuan Keuangan Khusus (BKK) Provinsi Sumatra Barat.
“Kita akan buat kolam renang, sarana Glamping 2 unit, pembuatan paddock dan tribun road race, serta kandang karantina satwa,” jelas dia didampingi Kabid Promosi dan Ekraf Meldi Hidayah Marta.

Selain pembenahan dan penambahan kelengkapan destinasi wisata lanjut dia, berbagai iven juga terus digelar diantaranya, Sawahlunto International Songket Silungkang Carnival (SISSCa) yang dipadu dengan seminar dan pameran songket internasional pada September mendatang, juga iven Sawahlunto International Music Festival (SIMFes).
“Iven SISSCa ini masuk dalam 110 Kharisma Even Nusantara (KEN) Kementrian Pariwisata dan Ekonomi Kreatif (Kemenparekraf) RI,” kata dia lagi.

Terpisah, Penjabat (Pj) Wali Kota Sawahlunto Dr. Zefnihan, saat meninjau kondisi akses jalan dan infrastruktur sejumlah destinasi wisata di Kota Sawahlunto menyebut, kesiapan akses jalan dan infrastruktur penunjang itu sangat menentukan kesuksesan destinasi wisata menciptakan kenyamanan dan keamanan pada pengunjung.
“Karenanya kita bergerak untuk memastikan sudah sejauh mana persiapan untuk menyambut pengunjung destinasi pada momen libur lebaran nanti,” kata Pj Wali Kota Zefnihan.

Beberapa objek wisata yang bisa dikunjungi di Kota Sawahlunto diantaranya ; Kawasan Kota Tua Sawahlunto world heritage dengan koleksi Museum seperti, Museum Lubang Tambang Mbah Soero, Museum Gudang Ransum, Museum Kereta Api, Museum Tambang Ombilin, kawasan Silo Saringan, Masjid Agung Nurul Islam, Puncak Cemara, Waterboom Muarokalaban, Batu Runciang Silungkang, Taman Satwa Kandi, Meervoon Kandi, Camping Graound Kandi, dan Desa Wisata Rantih. (rki)

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini

- Advertisement -spot_img

Latest