Minggu, Juli 21, 2024

PT SEML Ramadhan Mubarak, Bangun Jiwa Entrepreneur Remaja Masjid

More articles

Solsel, dutametro.com — PT Supreme Energy Muara Labuh (PT SEML), menggelar program pemberdayaan berbasis Masjid di Kabupaten Solok Selatan, program ini bertujuan membangun jiwa bisnis (Entrepreneur) dikalangan remaja masjid.

Hal ini diungkapkan Erwin Patrisa Floris Site Suppor Manager PT SEML, kepada media ini dikantornya, Kamis (3/4/2024),

Erwin menerangkan, Program ini dilaksanakan sudah masuk tahun ke tiga, mengambil berkah dari bulan Ramadhan ini kegiatannya dibuat dalam beberapa sesi, yang dimulai dengan training entrepreneur, kemudian penyerahan modal usaha, pengadaan bazar sembako dan kebutuhan lebaran oleh remaja masjid.

“Disaat Idul Fitri modal usaha tersebut diserahkan kepada pengurus masjid untuk pembangunan dan profit usahanya bisa digunakan oleh organisasi remaja masjid setempat, dengan demikian kita akan dapat multiplayer manfaat dalam satu kegiatan, “terangnya.

Kegitan Ramadhan Mubarak yang lebih berorientasi kepada apresiasi, dimana kelompok-kelompok yang sudah berhasil di dua tahun sebelumnya kali ini mendapat dana pembinaan senilai RP. 7.500.000/per masjid.

Hal ini juga ditambahkan Humas PT SEML M Roza disela-sela kegiatan, tahun ini yang dapat penghargaan adalah Remaja Masjid Aljihat Pekonina, Masjid Liki Atas , Masjid Baiturahim Pinang Awan, dan ada dua yang baru yaitu Remaja Masjid Raya Kapau dan Luak Kapau di Kecamatan Pauh Duo.

Sementara itu, pimpinan rombongan Ramadhan Mubarak PT SEML Bujang Joan Dt Maninjun menambahkan, sangat mengapresiasi kegiatan ini.

“Dana ini dimanfaatkan untuk pinjaman bergulir tanpa bunga untuk usaha kecil jamaah masjid, bahkan kegiatan ini mendapat dukungan juga dari perantau, sehingga modal usahanya dari tahun- ketahun terus bertambah,” ungkapnya.

Bujang Joan juga menyampaikan bahwa begitu pentingnya membangun system ekonomi berbasiskan masjid ini, untuk menghadapi serangan pinjaman online (pinjol) berpotensi riba dan membuat kemerosotan ekonomi umat.

Untuk itu Bujang Joan menghimbau agar pembangunan masjid tidak bertumpu kepada fisik belaka, namun sistemnya juga dibangun termasuk system ekonomi dan pembinaan umat terutama generasi muda.

Di tempat terpisah, Lukfi salah seorang pengurus masjid Baiturahmim Pinang Awan, mengucapkan terima kasih atas perhatian PT SEML yang tidak putus-putusnya terhadap pembangunan masjid, bahkan malam ini juga mengadakan buka bersama serta pemberian santunan kepada 88 santri dan guru di Pondok Quran Baitul Ummah Pinang Awan.

Sebelumnya telah terselenggara kegiatan yang sama di Pondok Pesantren Andalusia Yayasan Khalifah Rajab Batu Bajarang, serta Pondok Pesantren Darussaleh Pekonina yang dihadiri 175 orang santri dan pengasuh.

Juga pemberian santunan dan Buka Bersama Pesantren Darussaleh Pekonina baru saja diresmikan pengecoran jalan pesantren senilai Rp 105.juta, yang bersumber dari Hamba Allah yang pengelolaannya dipercayakan kepada tim Ramadhan Mubarak PT SEML ini. (Med)

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini

- Advertisement -spot_img

Latest