Kamis, Maret 28, 2024

Bupati Eka Putra: Selaju Sampan Lintau Akan Dijadikan Destinasi Wisata

Must read

Tanah Datar, Dutametro – Tobek Panjang Nagari Tigo Jangko Kecamatan Lintau Buo di padati ribuan masyarakat dan perantau Lintau Sembilan Koto karena menjadi arena Alek Anak Nagari dengan perlombaan perahu yang dinamakan Selaju Sampan di Kabupaten Tanah Datar. Bupati Tanah Datar Eka Putra saat membuka alek nagari tersebut, Selasa (3/5) berharap wahana air tersebut menjadi destinasi pariwisata baru sebagai desa wisata di Tanah Datar.

“Mari kita sama-sama menjadikan Tobek Panjang sebagai objek wisata baru dan menyelenggarakan event tentunya tidak lepas atas kekompakan unsur masyarakat, mulai pemerintah nagari, ninik mamak dan pemuda untuk melahirkan ide-ide baru untuk kemajuan nagari,” kata Eka Putra sembari apresiasi pemuda setempat.

Acara pembukaan Alek Anak Nagari Selaju Sampan 2022 Nagari Tigo Jangko tersebut juga dihadiri anggota DPRD provinsi Sumbar Jefri Masrul, anggota DPRD Tanah Datar Asrul Jusan, Kepala Dinas Pariwisata Hendri Agung Indrianto,Camat Lintau Buo Afrizal, Wali Nagari Tigo Jangko dan Walinagari Taluak, tokoh masyarakat dan perantau serta ribuan masyarakat.

Lebih lanjut Bupati sampaikan, pemerintah daerah mempunyai program unggulan (Progul) Satu Nagari Satu Iven, tentunya kegiatan ini sangat mendukung progul Tanah Datar kedepan, diharapkan untuk di kelola lebih apik lagi dan gencar mempromosikan di media sosial, dengan harapan menjadi destinasi wisata dan meningkatkan perekonomian nagari.

“Insyaallah kalau sudah terkelola dengan baik dan berkesinambungan bisa di jadikan desa wisata, yang utama kebersihan seperti toilet, serta masyarakat yang berjualan di tata dengan baik,” pesan Bupati.

Sebelumnya Ketua Panitia Herman Fitri sampaikan kegiatan selaju sampan terlaksana atas kekompakan Pemuda Nagari Tigo Jangko dengan tema “Pemuda Bersinergi Untuk Nagari” dalam rangka melestarikan budaya semenjak tahun 1970 dan memeriahkan Idul Fitri.

Kegiatan ini dua tahun ini vakum karena pandemi covid 19, alhamdulillah lebaran tahun ini bisa dilaksanakan selama sepuluh hari untuk mengobati kerinduan masyarakat Nagari Tigo Jangko, baik di kampung halaman maupun perantauan, ucapnya.

Hal senada juga disampaikan Wali Nagari Tigo Jangko Mustafa Kamal, kegiatan ini sudah berlangsung sejak dulunya dan berdampak terhadap perekonomian masyarakat, dapat kita lihat antusias masyarakat menyaksikan sangat ramai, itu merupakan suatu keuntungan bagi pedagang selama kegiatan berlangsung.

“Dengan dilaksanakan kegiatan ini selama sepuluh hari kedepan tentukan tingkat peredaran uang sangat tinggi, saat ini saja berdasarkan laporan dari panitia sudah ribuan pengunjung, dengan harapan kegiatan ini bisa bersinergi dengan progul Tanah Datar satu nagari satu iven,” harapnya.

Sementara itu Angota DPRD Sumbar Jefri Masrul juga sampaikan ucapkan terimakasih atas dukungan pemerintah daerah untuk kegiatan Alek Anak Nagari ini di jadikan destinasi wisata bahkan desa wisata.

Selaku anggota DPRD Sumbar juga mendukung kegiatan ini dijadikan iven tetap dan dikembangkan menjadi destinasi wisata yang akan meningkatkan perekonomian masyarakat, ungkap Jefri yang juga selaku anak nagari.

Dikesempatan tersebut, Tokoh Perantau Tigo Jangko Yusrizal juga siap untuk mendukung dijadikan iven rutin tahunan yang sudah turun temurun tersebut dan siap untuk di promosikan sampai ke nusantara seperti kuliner sate lintau yang digelutinya. Mnh

More articles

IklanIklanIklan HuT RI

Latest article