Minggu, Juli 21, 2024

Hendri Septa Dilewakan Sebagai Dt. Alam Batuah, Asli Chaidir: Hendaknya Banyak Manfaat untuk Membangun Nagari

More articles

PADANG – Wali Kota Padang, Hendri Septa resmi menyandang gelar Datuak Alam Batuah dari Suku Caniago Sumagek setelah menjalani proses malewakan gala yang dilaksanakan Sabtu (4/5) siang di Jalan KIS Mangunsarkoro, Kelurahan Jati Baru, Kecamatan Padang Timur.

Asli Chaidir Dt. Rajo Batuah dari pihak keluarga atau Silang nan Bapangka Karajo nan Bapokok menyampaikan harapannya terhadap orang nomor satu di Kota Padang itu setelah resmi didapuk sebagai Niniak Mamak Suku Caniago Sumagek.

“Alhamdulillah kemaren penyerahan Saluak Penghulu dari Mamak Kapolo Warih Suku Chaniago Sumagek kepada Ketua KAN Nan XX Lubuk Begalung dilanjutkan dengan pemasangan Saluak Penghulu kepada Hendri Septa Datuak Alam Batuah sebagai Penghulu Suku Chaniago Sumagek atas ridho Allah SWT berjalan lancar dan baik,” buka Asli Chadiri yang juga ayah kandung dari Hendri Septa Dt. Alam Batuah, Sabtu (4/5/2024).

Dia menjelaskan bahwa tugas seorang penghulu tidak hanya memimpin kemenangan saja. Tugas lebih luas dari seorang penghulu adalah mempertahankan lestarinya adat di nagari yang dipimpinnya itu.

“Hendaknya banyak manfaat utnuk membangun nagari. Kami dari pihak keluarga juga mohon dukungan agar penghulu dari Kaum Caniago Sumagek Dt. Alam Batuah mampu menjalankan perannya yang tidak hanya bermanfaat bagi kaum atau kemenakannya tapi juga untuk masyarakat secara luas,” harap Asli Chaidir menambahkan.

Sementara itu, Wali Kota Padang Hendri Septa Dt. Alam Batuah mengatakan bahwa dia akan berupaya menjalankan amanah yang diberikan kaumnya itu sebaik mungkin.

“Ini adalah amanah dari kaum saya Suku Caniago Sumagek. Saya mohon doa restu dari keluarga besar serta masyarakat Kota Padang. Ini adalah komitmen yang harus saya jalankan dengan baik,” kata Hendri Septa Dt. Alam Batuah. (Taufik/Ivan/Charlie)

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini

- Advertisement -spot_img

Latest