Jumat, April 19, 2024

KM Kalibaba Tenggelam di Perairan Kepulauan Seribu Saat Alami Kebocoran, ABK dan 55 Penumpang Selamat

Must read

Jakarta, Dutametro.com – Kembali terjadi peristiwa tenggelamnya kapal dilaut, kali ini KM Kalibaba tenggelam di perairan Kepulauan Seribu, Jakarta Utara. Beruntung semua para penumpang dan Anak Buah Kapal (ABK) dapat terselamatkan.

Menurut keterangan Kasi Sektor Damkar Kecamatan Kepulauan Seribu Utara, Yuli Sahroni, mengatakan “Betul, itu kapalnya KM Kalibaba, tenggelam di Pulau Bokor, tepatnya di Kelurahan Pulau Pari, Kecamatan Pulau Seribu Selatan,” ujarnya, Sabtu (3/6/2023).

Sementara peristiwa tenggelamnya KM Kalibaba ini terjadi sekitar pukul 11.00 WIB. Dimana kapal tersebut mengangkut 55 penumpang dan ABK.

Disebutkan Yuli, “Untuk penumpangnya 55 orang berikut ABK. Alhamdulillah kondisinya semuanya terselamatkan,” katanya.

Kemudian Yuli mengatakan kapal tersebut tenggelam akibat adanya kebocoran. Saat petugas tiba, kapal tersebut sudah tenggelam, tinggal bagian atapnya yang terlihat di permukaan air.

Ditambahkan Yuli, “Kapal tersebut mengalami kebocoran di bagian belakang pakalan menyebabkan kapal tersebut tenggelam,” katanya.

Sementara petugas mendapatkan informasi kapal tenggelam dari Pospol pada pukul 09.44 WIB. Selanjutnya petugas Damkar Kecamatan Kepulauan Seribu Utara kemudian ke lokasi dan menyelamatkan para penumpang.

“Posisi penumpang di atas kapal, di atapnya, ketika kami datang,” katanya.

Petugas kemudian menyelamatkan para penumpang dan ABK dengan bantuan rescue boat dan life jacket.

Yuli mengungkapkan, “Saat kita sampai TKP, langsung kita selamatkan dengan ring buoy dan pelampung,” katanya.

Sedangkan para penumpang merupakan wisatawan yang berangkat dari Dermaga Kamal Muara menuju ke Pulau Bokor. Para penumpang saat ini ditangani petugas medis.(H.A)

More articles

IklanIklanIklan HuT RI

Latest article