Jumat, Maret 29, 2024

Didukung Dokter Dian, DPK Sukses Gelar Perlombaan Pengembangan Literasi

Must read

Didukung Bunda Literasi Kota, dr. Dian Puspita Fadly, Sp.JP, Dinas Perpustakaan dan Kearsipan (DPK) sukses menggelar berbagai lomba guna pengembangan literasi berbasis inklusi sosial. Kegiatan selama tiga hari ini berakhir Kamis (4/8), di Pendopo Rumah Dinas Wali Kota.

Terdapat tiga kategori lomba. Pada Lomba Bercerita oleh Kader Bunda Literasi Kelurahan, dimenangkan Kelurahan Tanah Hitam sebagai juara I, Kelurahan Pasar Usang juara II, dan Kelurahan Pasar Baru juara III.

Adapun Lomba Puisi Tingkat SMP, juara I Kelurahan Sigando, juara II Kelurahan Silaing Atas, dan juara III Kelurahan Ngalau. Sedangkan Lomba Mewarnai Tingkat PAUD/TK, juara I Kelurahan Tanah Pak Lambik, juara II Kelurahan Silaing Bawah, dan juara III Kelurahan Bukit Surungan.

Bunda Literasi Dian Puspita menyampaikan terima kasih kepada DPK yang selalu men-support literasi di Kota Padang Panjang.

“Melalui perlombaan ini, menjadi trigger kepada masyarakat agar semakin bersemangat meningkatkan literasi terutama dalam kehidupan keluarga,” sebutnya

Terkait literasi berbasis inklusi sosial, Dokter Dian menuturkan, literasi bukan saja pendalaman pengetahuan seseorang, melainkan kemampuan masyarakat menciptakan sesuatu yang bardampak pada perekonomian keluarga. “Ini perlu berkembang di tengah masyarakat,” ujarnya.

Hal yang sama dikatakan, Kepala DPK, Yan Kas Bari, S E. Menurutnya, literasi merupakan seperangkat kemampuan individu membaca, menulis, menggambar dan memaknai berbagai pesan. Kemudian literasi hendaknya dapat mewujudkan kehidupan yang lebih baik.

“Literasi yang kita kembangkan ialah berupaya mewujudkan kehidupan yang lebih baik,” sebutnya.

Terkait lomba, dirinya berharap ke depan bisa lebih banyak melibatkan peserta. “Covid-19 jadi ada keterbatasan secara anggaran. Namun kita berharap hal ini bisa terselenggara lebih maksimal lagi di kesempatan berikutnya,” harapnya. (harris)

More articles

IklanIklanIklan HuT RI

Latest article