Persiapan HUT RI ke-77, Pemko Gelar Rapat

oleh -28 Dilihat

Menyambut Hari Ulang Tahun Kemerdekaan Republik Indonesia (HUT RI) ke-77, Pemerintah Kota gelar rapat persiapan yang bertempat di Hall Lantai III Balai Kota, Kamis (4/8).

Rapat yang dipimpin Sekretaris Daerah Kota, Sonny Budaya Putra, A.P, M.Si tersebut, turut dihadiri Asisten I, Syahdanur, S.H, M.Si, Forkopimda dan kepala OPD se-Kota Padang Panjang.

Dalam arahannya, Sekdako Sonny mengatakan, rapat persiapan ini bertujuan mempersiapkan seluruh proses perencanaan mulai dari pembentukan panitia, rangkaian kegiatan, serta hal-hal yang dirasa perlu.

“Ini adalah rapat awal yang kita lakukan, guna memastikan persiapan menyambut peringatan HUT RI, mulai dari kegiatan upacara 17 Agustus sampai ke persiapan pengamanannya,” ujarnya

Sonny menyebutkan, rangkaian HUT RI akan dimulai pada Senin (15/8) dengan Upacara Pengukuhan Pasukan Pengibar Bendera Pusaka (Paskibraka) pukul 16.00 WIB.

Untuk upacara Apel Kehormatan dan Renungan Suci akan dilaksanakan pada Selasa (16/8) menjelang pukul 24.00 WIB Rabu (17/8) dinihari, yang akan digelar di Taman Makam Pahlawan Kusuma Sakti di Kebun Sikolos.

Sedangkan pada acara puncak peringatan upacara HUT RI, lanjut Sonny, upacara akan dilaksanakan di halaman Balai Kota. Setelah itu dilanjutkan dengan upacara virtual bersama Pemerintah Pusat.

“Kita mulai upacara pada pukul 07.30 WIB. Setelah selesai nanti pada pukul 10.00 WIB langsung mengikuti secara virtual Upacara Peringatan Detik-Detik Proklamasi Kemerdekaan RI di Istana Merdeka,” katanya.

Sedangkan untuk Upacara Penurunan Bendera Sang Merah Putih akan dilaksanakan secara langsung dan virtual secara bersamaan pukul 16.30 WIB.

“Upacara akan kita laksanakan di Halaman Balai Kota, dan upacara secara virtual akan dilaksanakan di Hall Lantai III Balai Kota pada jam yang sama. Insyaa Allah tahun ini perayaan HUT RI akan dimeriahkan dengan resepsi pada 17 Agustus malam dan pawai pada 18 Agustus,” katanya.

Sonny mengimbau kepada masyarakat untuk menghentikan aktivitasnya sejenak dan berdiri tegak saat pengumandangan Lagu Kebangsaan Indonesia Raya.

“Tepat pukul 10.17 hingga 10.20 WIB selama tiga menit segenap masyarakat diimbau untuk menghentikan aktivitasnya dan berdiri tegak sampai lagu Indonesia Raya selesai dinyanyikan. Begitu juga dengan sorenya,” imbaunya.

Di samping itu, Sonny juga mengimbau kepada masyarakat untuk ikut serta berpartisipasi menyemarakkan peringatan HUT RI dengan menaikkan bendera Merah Putih sepanjang bulan Agustus ataupun juga bisa menggelar kegiatan kegiatan-kegiatan lain yang bisa memeriahkan perayaan HUT RI.

“Peringatan HUT RI adalah kegiatan rutin yang dilaksanakan setiap tahunnya. Kendati demikian hendaknya setiap peringatan itu selalu ada peningkatan, baik kuantitas maupun kualitas kegiatan,” harapnya. (rifki)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.

No More Posts Available.

No more pages to load.