Jumat, Maret 29, 2024

Pemkab Solok Selatan bekerjasama dengan Balai Diklat Industri Padang Melatih Calon Usahawan Sulaman Sum Timbul 

Must read

Pemerintah Kabupaten Solok Selatan melalui Dinas Perindustrian, Pedagangan dan Koperasi bekerjasama dengan Balai Diklat Industri (BDI) Padang Kementrian Perindustrian RI mengadakan pendidikan dan latihan yang dikemas dalam kegiatan Diklat 3 in 1 Hiasan Busana dengan Alat Jahit Tangan Angkatan II ( Sulaman Sum Timbul) yang bertempat di Aula Kantor Wali Nagari Lubuk Gadang Timur, Jumat (4/02/2022).

Kegiatan ini dibuka secara langsung oleh Ketua Dekranasda Solok Selatan Ny. Erniati Khairunas yang didampingi oleh Kadis Peridagkop Akmal Hamdi, SH, Camat Sangir, Pj Wali Nagari dan Perangkat Wali serta perwakilan BDI Padang.

Dalam sambutanya, Ny Erniati Khairunas berharap dengan terselenggaranya kegiatan pelatihan ini dapat menciptakan wirausaha baru, peningkatan daya saing melalui peningkatan keterampilan khususnya sulaman sum timbul. 

Lebih lanjut Ny. Erniati berpesan kepada peserta untuk belajar dengan sungguh-sungguh, setelah pelatihan ini hendaknya siap bekerja secara mandiri dengan bekal soft skil yang diperoleh. Terutama generasi muda, generasi milenial untuk mengembangkan keterampilan yang diperoleh dengan melakukan inovasi-inovasi.

Sementara itu, Kepala Seksi Penyelenggaraan Diklat  BDI Padang, Sri Mulyati, SH, M.Pd mengungkapkan tujuan diadakannya Diklat ini adalah memberikan pengetahuan, keterampilan serta wawasan kepada peserta diklat mengenai sulaman timbul sehingga menjadi calon tenaga kerja yang kompeten dibidang sulaman.

Pelaksanaan Diklat dimulai tanggal 4 Februari 2022 sd 21 Februari 2022 yang diikuti oleh 40 orang peserta dari Nagari Lubuk Gadang Timur, dengan pembiayaan dari BDI Padang.

Sementara itu, Afrilda Yulianti, yang juga sebaga pelatih Sulaman Sum Timbul, penggerak dan pengrajin sulaman sum timbul di Solok Selatan mengatakan bahwa pelatihan sum timbul merupakan salah satu upaya untuk mengembangkan dan melestarikan kerajinan daerah. Dia juga berharap dapat selalu membina calon pengrajin di Solok Selatan, shingga dapat meningkatkan taraf ekonomi masyarakat. (Met)

More articles

IklanIklanIklan HuT RI

Latest article