Jumat, Maret 29, 2024

Tingkatkan Koneksivitas Jalan 4 Kabupaten/Kota di Sumbar dan Jambi, Bupati Khairunas Minta Dukungan PTPN VI 

Must read

Guna peningkatan koneksivitas ruas jalan yang menghubungkan 4 kabupaten/kota di Propinsi Sumbar dan Jambi, Bupati Solok Selatan Khairunas meminta dukungan pekerjaan peningkatan jalan Sungai Sungkai ke Sungai Rumbai pada  PTPN VI. 

Ruas jalan yang menghubungkan Solok Selatan ke Dharmasraya tersebut, sepanjang 9,08 Km diantaranya berada didalam HGU PTPN VI di Solsel, sehingga membutuhkan persetujuan dari perusahaan pelat merah tersebut. 

“Pada prinsipnya kita meminta dukungan dan persetujuan dari PTPN VI untuk meningkatkan kualitas dan memanfaatkan jalan perkebunan yang sudah ada,” ujar Bupati dalam pertemuannya bersama Direktur PTPN VI di Graha Insyaf Malik PTPN VI Jambi pada Kamis, (3/02/2022).

Turut hadir Wakil Bupati Solok Selatan Yulian Efi, Sekdakab Dr. Syamsurizaldi, beserta sejumlah OPD. Disamping itu juga hadir Wakil Walikota Sungai Penuh Provinsi Jambi Alvia Santoni, serta Asisten II Pemkab Dharmasraya Yefrinaldi 

Bupati menambahkan bahwa dengan adanya jalan tembus tersebut akan menghemat rute perjalanan hingga 217,5 Km. Jika diambil jalan berputar ke Lubuk Selasih Solok, jarak tempuhnya mencapai 318 Km, sedangkan jalur Sungai Sungkai – Sungai Rumbai diperkirakan hanya sejauh 100,5 Km. 

Jalan tersebut katanya juga akan memperpendek jarak dan waktu dari Kota Sungai Penuh serta Kabupaten Kerinci menuju Jalan Lintas Tengah di Dharmasraya. Serta akan menghubungkan Solok Selatan dan beberapa daerah lainnya dengan jalur exit tol Rengat – Dharmasraya yang direncanakan akan dibangun di Sungai Rumbai.

Menanggapi itu, Direktur PTPN VI M Iswan Achir menyampaikan dukungannya atas rencana peningkatan jalan tersebut. 

“Kita juga bersemangat untuk membantu menuntaskan peningkatan jalan ini dalam waktu sesingkat-singkatnya,” ujar Iswan. 

Selanjutnya dalam surat pernyataan yang ditandatanganinya, Iswan juga menyatakan dukungan dan ikut memberikan izin untuk peningkatan pembangunan jalan pada ruas jalan yang melewati HGU PTPN VI. 

Sementara itu, Wakil Walikota Sungai Penuh Alvia Santoni mengatakan bahwa  konektivitas antar daerah sangat dibutuhkan untuk kemajuan sebuah daerah. 

Dengan adanya rencana ruas tersebut, katanya akan memperlancar arus lalu lintas antar daerah, sehingga bisa mendukung pengembangan potensi-potensi ekonomi yang ada. 

“Ini Ide brilian dari Bupati Solok Selatan dan jajarannya. Dan ini akan kami dukung penuh dalam pelaksanaannya. dan terima kasih juga  atas respom dan dukungan dari PTPN VI,”  terangnya. 

Senada dengan itu, Bupati Dharmasraya Sutan Riska Kerajaan yang diwakili oleh Asisten Ekonomi dan Pembangunan Yefrinaldi mengatakan bahwa Pemkab dan Bupati Dharmasraya juga sangat mendukung rencana konektifitas melalui jalan tembus ini. 

“Pada dasarnya kita meningkatkan ruas jalan yang telah ada. dan ini juga akan berdampak positif terhadap perusahaan yang dilewati. Kita siap berkolaborasi untuk meningkatkan konektivitas antar daerah dengan memanfaatkan rencana jalur exit tol nantinya,” pungkasnya. (Met)

More articles

IklanIklanIklan HuT RI

Latest article