Jumat, Maret 29, 2024

Wagub Manfaatkan Momen Tarawih Dorong Partisipasi Aktif Masyarakat Bangun Nagari

Must read

Solok, Dutametro – Berbuka puasa dan shalat tarawih bersama warga di Masjid Al Makmur, Jorong Guguak Manyambah, Nagari Sungai Jambua, Kec. IX Koto Sungailasi, Kab. Solok, Wakil Gubernur Sumbar, Audy Joinaldy ajak masyarakat setempat berpartisipasi aktif membangkitkan potensi nagari.

Hal ini disampaikan Wagub, lantaran Wali Nagari Sungai Jambua, Marlius memaparkan potensi nagari yang dipimpinnya itu dalam kesempatan ramah tamah warga setempat dengan Wakil Gubernur, Senin (4/4).

“Sungai Jambua, adalah nagari pertanian, dan pengrajin tenun, di bidang pariwisata juga kita sudah membentuk Pokdarwis untuk mendorong pertumbuhan wisata. Oleh karena itu kami sangat berharap perhatian dari Pemerintah Provinsi dalam merintis upaya ini,” ujar Marlius dalam sambutannya.

Menanggapi itu, Wakil Gubernur memberikan apresiasi atas tindakan proaktif warga dan wali nagari yang sudah membentuk kelompok-kelompok usaha, baik di bidang pertanian maupun pariwisata. Wagub mengatakan potensi pertanian dan pariwisata masyarakat juga dapat dipadukan untuk menghidupkan Desa Wisata Agro di Sungai Jambua.

“Saya yakin Solok juga punya potensi yang besar, kita bisa arahkan bantuan sesuai potensi lokal dan kelompok-kelompok usaha yang ada disini. Terutama di sektor pertanian, peternakan, kehutanan dan pariwisata,” kata Wagub.

Ia menjelaskan model-model bantuan yang dapat diberikan, mulai dari ternak, pembibitan, hingga budidaya berbagai komoditi peternakan dan pertanian. Selain itu kehadiran Wagub juga sekaligus menyerahkan bantuan uang senilai 50 juta rupiah dan 100 helai sarung untuk Masjid Al Makmur.

“Mudah-mudahan bantuan ini dapat bermanfaat bagi pembangunan masjid, juga berbagai aktivitas dan kegiatan yang rutin diselenggarakan pengurus dan juga warga,” ucapnya.

Sementara itu, mendampingi Wakil Gubernur, Wakil Bupati Solok, Jon Firman Pandu berterimakasih atas kedatangan dan bantuan yang diserahkan Wagub. Tak lupa ia menyampaikan salam hormat dan hangat dari Bupati Solok, Epiyardi Asda yang berhalangan hadir pada Wakil Gubernur beserta rombongan Safari Ramadan dan juga masyarakat Sungai Jambua.

Pada kesempatan itu, Jon Pandu memotivasi warga untuk tetap bersuka cita menyambut Ramadan, meski ditengah kenaikan harga beberapa kebutuhan masyarakat. Ia menekankan bahwa Pemerintah Daerah terus berusaha memberikan yang terbaik bagi warga.

“Pemerintah Daerah selalu berusaha memberikan yang terbaik dalam situasi apapun. Meski saat ini situasi cukup berat, tapi mudah-mudahan tidak mengurangi niat dan ibadah kita di bulan Ramadan yang suci ini,” Kata Wakil Bupati itu.

Selain bantuan dari Pemprov Sumbar yang diserahkan Wakil Gubernur, Masjid Al Makmur Jorong Guguak Manyambah juga memperoleh bantuan lainnya dari Kemenkumham Kanwil Sumbar.

Menerima berbagai bantuan, Ketua Pengurus Masjid, Syaiful Anwar menyampaikan rasa syukur dan terimakasihnya pada pemerintah. “Sungguh kami disini rindu dan berharap dikunjungi Tim Safari Ramadan. Alhamdulillah terobati dengan telah hadirnya Wakil Gubernur dan rombongan di Rumah Allah di Nagari kami, mudah-mudahan dapat menjadi ladang pahala dan juga berkah bagi kita semua,” pungkas Syaiful. (Mc Prov Sumbar)

#Dinas Kominfotik Sumbar

More articles

IklanIklanIklan HuT RI

Latest article