Selasa, Juli 16, 2024

Brand Mojoa Art dan Songket INJ Sawahlunto Promosikan dan Pasarkan Produknya di Pameran Indonesia City Expo

More articles

Sawahlunto, dutametro.com – Dua brand UMKM Sawahlunto ikuti pameran Indonesia City Expo (ICE) 2024 diarena Rakernas Asosiasi Pemerintah Kota Seluruh Indonesia (APEKSI) ke XVII di Balikpapan Kalimantan Timur, 4 – 6 Juni 2024. Dua brand itu, yakni Mojao Art dan Songket INJ.

Penjabat (Pj) Wali Kota Sawahlunto Fauzan Hasan menyebut Pemkot mendukung pelaku-pelaku UMKM yang ada, untuk meningkatkan jangkauan promosi dan pemasarannya melalui berbagai program, salah satunya dengan memfasilitasi untuk mengikuti pameran berskala nasional.
“Di ajang Rakernas APEKSI yang diikuti oleh 98 Pemkot seluruh Indonesia ini bisa menjadi ajang mengenalkan produk fashion berbahan baku songket Silungkang lebih dikenal ditingkat Nasional,” kata dia.

Pj Fauzan Hasan menilai, salah satu kekuatan yang membuat suatu produk punya daya jual harus banyak dikenal orang. Untuk itu lanjut dia, diikutsertakan produk produk UMKM Sawahlunto ke berbagai pameran sehingga lebih dikenal bahwa ada produk UMKM Sawahlunto yang bagus, menarik dan recommended (disarankan).
“Kita pesankan kepada pelaku UMKM yang mewakili Sswahlunto ini, agar menjalin komunikasi dengan pengunjung yang telah membeli agar silahturahmi terjaga sehingga ke depannya ada potensi kembali terjadi transaksi maupun promosi,” harap dia.

Pemilik brand Mojao Art Nurjaswati, menyebut kesempatan tersebut sangat berharga dalam mengembangkan jangkauan pemasaran produknya tersebut.
“Kami sangat beruntung bisa ikut pameran ini, dan peluang untuk kami mengenalkan produk juga bisa lebih luas,” kata dia.

Dia juga menyebut, brand Mojoa Art bergerak untuk memberdayakan potensi songket Silungkang yang dikreasikan menjadi berbagai produk kekinian dengan nilai seni untuk dipakai khususnya wanita dan generasi muda. Dengan mengikuti pameran ICE 2024 ini lanjut dia produk Mojoa Art dkikenalkan secara langsung kepada masyarakat Indonesia terutama di wilayah pulau Kalimantan.

Terpisah Kepala Dinas Perindustrian Perdagangan dan Koperasi (Disperindagkop) Sawahlunto Tatang Sumarna, dihubungi dari Sawahlunto, Rabu (5/6/2024) menyampaikan pihaknya memfasilitasi dua UMKM yang bergerak di bidang fashion yakni songket Silungkang agar dapat mempromosikan produknya sekaligus meningkatkan pemasaran.
“Produk unggulan yang dipamerkan pelaku UMKM Sawahlunto tersebut, yakni kain tenun Songket Silungkang beserta produk turunannya seperti topi, tas, rompi, cendera mata serta berbagai item fashion kekinian lainnya,” terang dia.

Lebih lanjut disebutkan Tatang, selain melihat dan berbelanja produk UMKM yang dipamerkan, banyak juga pengunjung yang singgah untuk bertanya tentang Kota Sawahlunto setelah tertarik menonton tayangan promosi wisata kota itu yang diputar pada layar televisi yang dipasang di stand pameran tersebut.

“Ini artinya upaya kita membawa promosi Sawahlunto di ajang ICE 2024 ini berjalan baik dan terlihat hasilnya. Yaitu stand kita ramai, produk UMKM kita dibeli pengunjung dan tayangan destinasi wisata kita menarik pengunjung,” katanya.(rki)

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini

- Advertisement -spot_img

Latest