Minggu, Juli 21, 2024

Kepedulian PT Supreme Energy SEML Luar Biasa Dua Kabupaten Terima Bantuan Bencana

More articles

Solsel, dutametro.com – Tim PT Supreme Energy PLTP Muara Laboh Solok Selatan salurkan bantuan untuk dua Kabupaten Agam dan Kabupaten ddx Tanah Datar.

Bujang Joan Dt Maninjun Site Relations PT SMEL yang turun langsung ke lapangan bersama sejumlah anggota, untuk salurkan bantuan dari Supreme Energy PLTP Muara Labuh.

Bantuan ini disalurkan di dua Kabupaten yang terdiri dari bantuan barang seperti Kompor Gas Rinai 2 kepala lengkap dengan Tabung Gas dan regulator, Selimut, Kasur, Sapu Ijuk Buatan Lokal, kain Pel, Keset, Kain sarung dan banyak bantuan lainya.

Bantuan kemanusiaan ini diserahkan melalui Posko utama Kabupaten Agam di Kantor Camat Sungai Puar dan Posko Utama Kabupaten Tanah Datar di gedung Indo Julito Batusangkar.

Hal ini disampaikan Bujang Joan Dt Maninjun Site Relations PT SEML. Rabu (5/6/2024), selanjutnya untuk didistribusikan oleh petugas ke masyarakat yang membutuhkan di daerah tersebut.

Bujang Joan merincikan untuk bantuan uang tunai dengan dua kategori, rumah hancur masing-masing mendapatkan bantuan sebesar Rp 2 Juta rupiah dan rumah rusak berat masing-masing mendapat Rp 1 juta rupiah.

Bantuan uang ini diserahkan langsung oleh para relawan kepada korban diantaranya, di Bukit Batabuah dan Batu Taba Ampek Angkek kab Agam, sementara untuk kabupaten Tanah Datar diserahkan langsung kepada korban di kantor Wali Nagari Lima Kaum dan Rambatan, bahkan ada beberapa korban tidak bisa datang bantuannya diantar langsung ke Hunian Sementara di Jorong Panti Rambatan.

Total untuk Agam dan Tanah Datar jumlah Kepala Keluarga (KK) yang mendapat bantuan uang tunai sebanyak 87 Kepala Keluarga.

Erwin Patrisa Florist Site Support Manager PT SEML yang dikonfirmasi lewat telpon menjelaskan, bantuan ini berasal dari kepedulian keluarga besar Supreme Energy baik yang di Jakarta maupun di Solok Selatan, bahkan ada yang dari PLTP Rantau Dedap Sumatera Selatan Juga yang terdiri dari BOC, BOD, Management dan Karyawan serta perusahaan, bahkan dukungan penuh oleh BOC yang juga urang sumando di Ampek Angkek.

Berdasarkan pengamatan media di lapangan prosedur yang dilakukan oleh Supreme Energy ini bisa dijadikan contoh, sepertinya sudah terstruktur dengan prosedur yang jelas, serta melibatkan pemuda, mahasiswa setempat menjadi relawan, menggabungkan mereka dalam satuan tugas dengan pembagian kerja menurut kepiawaian masing-masing.

Mereka juga mampu berkoordinasi dengan Posko serta pihak terkait untuk mendapatkan data kemudian mencoba memverifikasi data ke Wali Nagari dan masyarakat terdampak By name by adress, sehingga bantuan yang diberikan berdasarkan data bahkan dicocokan dengan Kartu Keluarga atau KTP korban.

Yang terpenting data terkonfirmasi dengan baik ke Posko Utama dan diawasi oleh pihak berwenang.

Pendirian Sekretariat di lokasi yang mereka beri nama Sekretariat “Relawan Rumah Gadang Sicamin Biaro”.

Di Sekretariat ini semua kegiatan di pusatkan mulai dari Toolbox Meeting setiap pagi, berbagi ilmu tentang kebencanaan, memimpin doa dan menyampaikan pesan-pesan Safety terhadap relawan, karena berada didaerah bencana.

pusat pengadaan barang-barang melalui toko di daerah terdekat agar uang beredar didaerah tersebut, bahkan mengutamakan produk local seperti sapu ijuk terutama dari bahan-bahan alam non plastik.

Bujang Joan DT Maninjun yang juga Pengurus PMI dan Ketua Forum TJSLP Solok Selatan ini, menambahkan, sudah saatnya kita menguasai management kebencanaan dari atas sampai kebawah, termasuk dunia usaha dan organisasi kemasyarakatan, sehingga penanganan korban dan penyaluran bantuan yang diberikan oleh seluruh elemen masyarakat bisa di efektifkan.

Beberapa orang warga korban bencana yang ditemui Media ini di Hunian Sementara jorong Panti Rambatan yang rumahnya sudah hancur, menyampaikan terima kasih kepada Supreme Energy, terutama adanya dana tunai yang diberikan sebesar Rp 2 Juta per KK, karena bantuan pangan dan pakaian serta perlengkapan untuk sementara sudah kami terima dari donator dan pemerintah, namun untuk memenuhi kebutuhan lainnya tentu kami perlu uang agar kami bisa belanja.

Sementara itu Bupati Agam H Andri Marwan didampingi Sekda Agam H. Edi Busti usai menerima bantuan dari perusahaan panas bumi PT Supreme Energy, pihaknya sangat berterimakasih yang luar biasa kepada Manajemen PT SEML, yang sangat peduli dengan kemanusiaan, seperti yang dialami oleh warga kami di Agam dan sekitarnya.

Sebuah perusahaan besar GO International yang berada diluar daerah Agam, namun kepeduliannya sangat berguna bagi masyarakat kami yang sudah porak poranda ditimpa bencana, semoga PT SEML semakin maju kedepannya.

” Satu kata untuk PT SEML dalam misi kemanusiaanya Salut Kami,” ucap bupati Andi Marwan. (Med)

Teks Photo
Sejumlah bantuan kemanusiaan disalurkan oleh Manajemen PT SELM Muara Laboh di dua Kab Agam dan Tanah Datar. (Med

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini

- Advertisement -spot_img

Latest