Wabup Solsel Yulian Efi kini bagala Datuak Rangkayo Basa

oleh -93 Dilihat

H Yulian Efi, Wakil Bupati Solok Selatan dilewakan atau diangkat menjadi Datuak Suku Panai Lundang yang bertempat di Rumah Gadang Kaum Panai Rawang Nagari Pasir Talang Selatan Kabupaten Solok Selatan, Minggu (6/03/2022).

Beliau terpilih secara musyawarah dan mufakat dari kaum Suku Panai Lundang dan disetujui oleh Niniak Mamak Suku Panai Tigo Ibu Pasir Talang dengan gelar Datuak Rangkayo Basa.

Yulian Efi dalam sambutannya mengatakan setelah diangkatnya menjadi Datuak Suku Panai Lundang, hendaknya beliau ‘’dibaok sahilia samudiak’’, artinya setelah beban dipikul dapat diterima dan dibawa dalam kehidupan bakampuang acara-acara ninik mamak. Beliau juga mengucapkan terima kasih kepada niniak mamak dan seluruh dubalang, bundo kanduang dan semua pihak sehingga terselenggaranya kegiatan batagak gala ini.

‘’Kedepan kami berharap kepada seluruh ninik mamak untuk bahu membahu, dan akan berusaha untuk meningkatkan SDM Ninik mamak,” tutur H Yulian Efi.

Bupati Solok Selatan, yang diwakili oleh Sekdakab Dr. Syamsurizaldi, S.IP, MM dalam sambutannya juga mengucapkan terima kasih karena telah mensukseskan batagak gala H Yulian Efi, Wakil Bupati Solok Selatan. 

Prosesi batagak gala atau pengangkatan datuak ini, telah dimulai dari beberapa acara adat sebelumnya. Dimulai dari Gugu Ditampuak, setelah itu dilakukan musyawarah kaum untuk menentukan calon datuak. Setelah terpilih calon datuak dari hasil musyawarah kaum, maka akan dilakukan prosesi “manyowongan tando’’, serta menentukan kapan datuak akan dilewakan atau disahkan oleh para ninik mamak.

Untuk diketahui, dalam proses melewakan H Yulian Efi sebagai Datuak yang bergelar Rangkayo Basa, dihadiri oleh ninik mamak panai tigo ibu yang terdiri dari panai Tangah, Panai Tanjuang dan Panai Lundang. Pengangkatan ini langsung dilakukan oleh Erizalmi, Datuak Rangkayo Basa dari Panai lundang yang merupakan susunan secara sah mengangkat datuak. 

Sementara itu Ketua KAN Pasir Talang, Bapak Armensis, BE Dt. Jono Katik ketika dihubungi melalui telepon, mengucapkan selamat atas dilantiknya Wakil Bupati H Yulian Efi sebagai Datuak Rangkayo Basau Suku Panai Lundang. 

Lebih lanjut beliau berharap sebagai pemangku sesepuh adat, agar dapat berperan mengayomi dan menyelesaikan persoalan kemenakan, sehingga kaum panai tigo ibu bisa maju kedepannya, tutup beliau. (Met)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.

No More Posts Available.

No more pages to load.