Jumat, Juli 26, 2024

Hari Peduli Sampah Nasional, Pj Wako Zefnihan Ajak Masyarakat Atasi Sampah Plastik Dengan Cara Produktif

More articles

Sawahlunto, dutametro.com – Apel siaga kebersihan dan gerak jalan peduli sampah warnai peringatan Hari Peduli Sampah Nasional (HPSN) tingkat Kota Sawahlunto, Rabu (6/3/2024). Apel dipimpin Penjabat Wali Kota Zefnihan diikuti oleh pasukan orange Dinas Kawasan Permukiman Pertanahan dan Lingkungan Hidup (DKP2LH) Sawahlunto serta perwakilan perusahaan peduli lingkungan.

Kepala DKP2LH Adrius Putra menyebut, peringatan HPSN tahun ini mengangkat tema “Atasi sampah plastik dengan cara produktif’ momentum untuk mendorong peran semua pihak mendukung target Nasional dalam mengurangi emisi gas rumah kaca (GRK) terutama yang diakibatkan oleh sampah.
“Sampah menjadi salah satu sumber yang menyebabkan kondisi lingkungan menjadi menurun. Sampah salah satu sektor sumber emisi GRK yang berbahaya yang akan memberi dampak buruk bagi kehidupan masyarakat,” kata Adrius Putra

Melalui HPSN ini lanjut dia, semua elemen masyarakat harus berbagi peran dalam pengolahan sampah yang terintegrasi, mulai dari hulu ke hilir. Agar pengelolaan sampah berjalan optimal, maka diperlukan upaya terpadu, berkelanjutan dan sinergi dengan semua semua unsur baik itu masyarajt, swasta, organisasi sosial dan stake holder lainnya.

Sementara Pj Wako Zefnihan meminta kepada DKP2LH agar membuat himbauan kepada masyarakat untuk membatasi penggunaan material plastik yang akan mengakibatkan meningkatnya sampah plastik. Pengelolaan sampah sebut dia, sangat mendesak dan perlu dilakukan penangan secara kontinyu, mulai dari tingkat rumah tangga melalui pemilahan sampah.
“Permasalahan sampah merupakan masalah global, yang sangat memprihatinkan dengan jumlah produksi sampah hingga level mengkhawatirkan. Kita semua harus bijak dalam menggunakan produk yang bisa menghasilkan sampah terutama sampah plastik yang tidak dapat diurai. Namun sampah plastik bisa dimanfaatkan menjadi sesuatu yang produktif dan bisa menjadi penambah inkam ekonomi,” jelas dia.

Dalam apel HPSN itu juga diserahkan sertifikat penghargaan kepada perusahaan yang peduli lingkungan, sertifikat dan hadial lomba kebersihan kantor, sekolah dan pusat pelayanan masyarakat serta reward atas raihan piala Adupura 2023 kepada pasukan kuning sebanyak 170 orang yang masing-masing menerima Rp500 ribu.(rki)

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini

- Advertisement -spot_img

Latest