Minggu, Juli 21, 2024

TP PKK Nagari Sitalang Wakili Agam ke Lomba Tingkat Provinsi

More articles

Agam, dutametro.com-Tim Penggerak PKK Nagari Sitalang, Kecamatan Ampek Nagari Wakili Kabupaten Agam dalam penilaian serta evaluasi gerakan PKK tingkat Provinsi Sumatera Barat.

Evaluasi ini dilakukan melalui kunjungan lapangan oleh tim penilai yang dipimpin oleh Ketua TP PKK Sumatera Barat, Ny Harneli Mahyeldi, pada Senin (6/5).

Dalam sambutannya Bupati Agam yang diwakili oleh Asisten Pemerintahan dan Kesra, Rahman SIP Pemerintah Kabupaten Agam terus memberikan dukungan penuh untuk mendukung dan memperkuat peran Tim Penggerak PKK.

Bupati Agam juga menyampaikan apresiasi yang tinggi terhadap capaian gemilang yang telah diraih oleh PKK Sitalang.

“Prestasi yang telah diukir bukanlah semata-mata untuk mencapai tujuan akhir, melainkan menjadi bukti nyata dari kepedulian dan komitmen Pemerintah Kabupaten Agam terhadap eksistensi PKK,” ungkap Rahman.

Dalam kunjungan tersebut, Tim Penilai Lapangan menyaksikan sendiri beragam keunggulan yang dimiliki oleh TP PKK Kenagarian Sitalang, seperti tersusunnya sekretariat PKK dengan tertib administrasi berbasis digital dan e-arsip, serta partisipasi siswa magang dalam pengelolaan administrasi.

Selain itu, keberhasilan terbentuknya Dasawisma secara menyeluruh dengan buku pencatatan yang menjadi dapur data PKK turut menjadi sorotan positif.

Tidak hanya itu, terbentuknya tim pelaksana yang aktif dalam menjalankan program-program prioritas seperti Keluarga Indonesia Sadar Administrasi Kependudukan (KISAK), Keluarga Indonesia Lindungi Anak dari Kekerasan Seksual (KILAS), dan Pembinaan Kesadaran Bela Negara (PKBN) juga mendapat apresiasi tersendiri.

Bupati juga menyoroti upaya PKK Sitalang dalam menyelenggarakan penyuluhan untuk mencegah pernikahan dini dan penyalahgunaan narkoba, sebagai bentuk kontribusi nyata dalam menjaga keharmonisan keluarga dan masyarakat.

Terobosan lainnya yang turut diapresiasi adalah terbentuknya kelompok khusus UP2K yang bergerak dalam berbagai kegiatan ekonomi produktif, seperti olahan pandan, anyaman lidi sawit, dan olahan pisang.

Selain itu, pengukuhan kader-kader PKK seperti kader pangan, kader sandang, kader tata laksana, dan kader PHBS yang disahkan oleh Walinagari menunjukkan komitmen PKK Sitalang dalam memperkuat struktur dan kapasitas masyarakat dalam mendukung program-program pemerintah.

Dalam kesempatan tersebut, Bupati Agam juga menyampaikan komitmennya untuk terus mendorong penguatan program-program PKK tidak hanya di Sitalang, tetapi juga di seluruh wilayah Kabupaten Agam. Dengan demikian, diharapkan peran PKK dapat semakin diperkuat dalam mendukung program-program prioritas pemerintah, baik dalam bidang kesehatan, pendidikan, maupun kesejahteraan masyarakat secara menyeluruh. Amin

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini

- Advertisement -spot_img

Latest