Sulaman Benang Emas Khas Air Bangis Menjadi Salah Satu Ikon Pasbar

oleh -136 Dilihat

Pemerintah Kabupaten Pasaman Barat terus mengembangkan kerajinan sulaman benang emas yang ada di Air Bangis, sebagai salah satu ikon daerah Kabupaten Pasaman Barat.

Hal itu dijelaskan oleh Ketua Dewan Kerajinan Nasional Daerah (Dekranasda) Ny. Titi Hamsuardi yang didampingi anggota Dekranasda Pasbar, saat mengunjungi industri kerajinan tenun sulaman benang emas masyarakat Air Bangis, Kecamatan Sungai Beremas, Senin (6/6/2022).

Ny. Titi Hamsuardi menyampaikan, saat ini Pemerintah Daerah Pasaman Barat sedang berupaya memperkenalkan sulaman ini baik di Pasaman Barat, provinsi hingga nasional, sehingga produk UMKM Pasaman Barat semakin berkembang dan maju.

“Sulaman benang emas Air Bangis memang indah dan bagus, maka dari itu perlu diperkenalkan ke luar Pasaman Barat. Karena saya yakin peminat dari produk ini banyak, selain kualitasnya yang bagus, sulaman ini juga mewah dipandang” ujarnya.

Kerajinan sulaman benang emas Air Bangis diakui indah dan memiliki kualitas tinggi, karena buatan tangan dan merupakan hasil kreativitas dari pengrajin Pasaman Barat.

Ia menambahkan, bahwa Dekranasda Pasaman Barat bersama OPD yang membidangi, sudah melakukan pembinaan dalam pengembangan UMKM guna menaikkan perekonomian masyarakat agar lebih sejahtera kedepannya.

Untuk memperkenalkan hasil karya Pasaman Barat, maka di promosikan melalui keikutsertaan hasil kerajinan batik atau tenun sulaman benang emas Air bangis Pasaman Barat pada event tingkat kabupaten maupun di tingkat provinsi.

Sementara itu, salah satu pengrajin sulaman benang emas Riska Evera menyampaikan terimakasih atas kunjungan Ketua Dekranasda dan OPD terkait ke industri pembuatan sulaman emas.

Ia mengaku kunjungan ini sangat berarti bagi pengrajin, karena dengan ini membuktikam bajwa adanya dukungan dari Pemerintah terhadap hasil karya masyarakat Air Bangis.

Dukungan Pemda dengan mengikutsertakan sulaman benang emas Air Bangis di event-event, merupakan dukungan yang sangat menguntungkan bagi pengrajin dalam memajukan hasil karya Pasaman Barat ke daerah lain dan berdampak baik bagi perekonomian masyarakat sendiri. (*)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.

No More Posts Available.

No more pages to load.