Tim Penggerak PKK Tanah Datar Luncurkan Aplikasi SIAP, Optimalkan Administrasi dan Pelaksanaan 10 Program Pokok

oleh -192 Dilihat

Tanah Datar, Dutametro – Tim Penggerak Pemberdayaan Kesejahteraan Keluarga (TP-PKK) Kabupaten Tanah Datar meluncurkan aplikasi Sistem Informasi Administrasi Pendataan (SIAP) PKK untuk mengoptimalkan administrasi dan pelaporan 10 program pokok PKK di kabupaten itu.

“SIAP PKK memiliki peranan penting dalam pelaksanaan 10 program pokok PKK dan merupakan bagaian terpenting dalam penilaian tertib administrasi PKK untuk hari ini dan kedepannya,” hal itu disampaikan Ketua TP PKK Tanah Datar Ny. Lise Eka Putra saat launching SIAP PKK di Aula Kantor Bupati itu Senin, (6/6/2022).

Ia mengatakan diluncurkannya SIAP PKK diharapkan dapat meningkatkan kualitas dan mendekatkan pelayanan kepada masyarakat dan kader PKK sampai ketingkat dasawisma.

Untuk itu perlu mengoptimalkan peran kecamatan sebagai garda terdepan dalam memberikan pelayanan ke masyarakat.

“SIAP PKK harus segera terlaksana sebagai indikator peningkatan kualitas dan pelayanan kepada seluruh kader PKK,” katanya.

Lise berharap, TP-PKK harus bekerja keras untuk melakukan pembinaan ke Kecamatan dan ke Nagari sehingga sistem SIAP PKK ini dapat terlaksana dengan baik untuk terwujudnya pelayanan publik yang berkualitas yang menjadi salah satu ciri tata administrasi PKK.

Selain mendukung pemerintah daerah dalam menciptakan kepuasan masyarakat dalam pelayanan adminstrasi yang cepat dan akurat, juga sebagai penyedia informasi yang terbaik serta kepastian waktu yang efektif yang besar pengaruhnya kepada kehidupan masyarakat dan kader PKK.

“Untuk itu dibutuhkan dukungan dari semuanya sehingga bisa meningkatkan sinergitas dalam menjalankan tugas pokok PKK dengan program Pemerintah Daerah,” katanya.

Sebelumnya Sekretaris Daerah (Sekda) Iqbal Ramadi Payana yang mewakili Bupati Tanah Datar, mengatakan kepada seluruh kader PKK sampai ke kelombpok dasawisma dapat mengakses dan memanfaatkan aplikasi SIAP PKK guna kebutuhan data yang up-to-date sehingga bermanfaat bagi semua pihak.

Karena diera globalisasi yang ditandai dengan kemajuan teknologi dan informasi komunikasi, masyarakat menginginkan pelayanan cepat dan transparan.

Dengan kondisi tersebut tentu manjadi tantangan bagi seluruh instansi publik tak terkecuali tim PKK disemua tingkatan.

“Saya berharap di launchingnya aplikasi SIAP PKK ini terjadi peningkatan pelaksanaan tertib administrasi PKK, dengan adanya sistem informasi ini pelaporan program PKK terdapat pada satu sistem yang dapat diakses dengan cepat, mudah, efektif, serta data data yang ditampilkan oleh PKK dapat dimanfaatkan oleh berbagai pihak,” katanya.

Pada kesempatan itu, selain launching aplikasi SIAP PKK juga melakukan penandatangan komitmen bersama antara instansi vertikal, Organisasi Perangkat Daerah (OPD), dengan TP-PKK se Kabupaten Tanah Datar. Mnh

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.

No More Posts Available.

No more pages to load.