Jumat, Juli 26, 2024

Bentuk Tim Pemeriksaan DKP3 Sawahlunto Pastikan Tidak Ada Sapi Betina Produktif Untuk Hewan Qurban

More articles

Sawahlunto, dutametro.com – Memastikan tidak ada sapi betina produktif yang akan dijadikan hewan Qurban pada hari Raya Idul Adha 1445 Hijriyah, Dinas Ketahanan Pangan Pertanian dan Perikanan (DKP3) Kota Sawahlunto menurunkan tim pemeriksaan.

Kepala Bidang Peternakan dan Kesehatan Hewan DKP3 Sawahlunto drh. Feri Oktaviantris mengungkap, pihaknya tengah melakukan pemeriksaan status reproduksi pada sapi betina yang rencananya akan dijadikan hewan Qurban.
“Tim dari Puskeswan ini sudah turun ke Desa dan Kelurahan dikota ini,” kata Fery.

Dia juga menyebut, pemeriksaan seperti ini rutin dilakukan setiap tahunnya jelang akan memasuki hari raya qurban. Hal itu lanjut dia, untuk memastikan tidak ada sapi betina produktif yang nantinya dijadikan hewan qurban, karena sudah ada undang undang yang melarang untuk pemotongan sapi betina produktif, yakni undang undang nomor 18 tahun 2009 yang telah diubah dengan undang undang nomor 41 tahun 2024 tentang peternakan dan kesehatan hewan.

“Selain tim pemeriksaan status produksi, juga dibentuk tim pemeriksaan kesehatan hewan Qurban yang saat ini menunggu di SK kan oleh Kepala DKP3,” jelas dia.(rki)

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini

- Advertisement -spot_img

Latest