Jumat, Maret 29, 2024

Jelang Mudik Lebaran, Komisi V DPR RI Tinjau Kesiapan Moda Transportasi dan Prokes di Sumbar

Must read

Padang Pariaman, Dutametro – Gubernur Sumatera Barat (Sumbar), Buya Mahyeldi, menyambut kedatangan anggota Komisi V DPR RI di Bandara Internasional Minangkabau (BIM), pada Kamis (7/4/2022). Kehadiran wakil rakyat tersebut dalam rangka Kunjungan Kerja (Kunker) Spesifik guna meninjau infrastruktur di Sumbar dalam menyambut arus mudik lebaran tahun 2022 mendatang.

Hadir dalam kunker ke Sumbar, Bambang Hermanto, Ilham Pangestu, dan Cen Sui Lan dari Fraksi Golkar. Juga hadir Ir. Ismail Abdullah dan IIS Rosyita Dewi dari Fraksi Gerindra, Athari Gauthi Ardi dan Hanna Gayatri SH dari Fraksi PAN, serta Willem Wendik, S.Sos (Demokrat), dan Irmandi Lubis (PDIP).

Dalam kunker ini, rombongan diantaranya meninjau dan melihat langsung kondisi infrastruktur kereta api di Stasiun Kereta Api BIM. Rombongan wakil rakyat ini juga mencoba langsung perjalanan kereta dari BIM menuju Stasiun Duku.

Turut hadir dalam Kunker, Dirjen perhubungan udara, perwakilan PT. Angkasa Pura, Dirjen Perkeretaapian, Dirjen Perhungan darat, Dirjen Perhubungan Laut, Perwakilan PT. ASDP, Perwakilan Kementerian PUPR, Perwakilan Kementerian BMKG, dan BASARNAS.

Usai peninjauan, rombongan bersama gubernur menggelar rapat di Ruang VIP BIM. Dalam rapat tersebut Gubernur menyampaikan pihaknya telah menginstruksikan untuk menyiapkan sarana dan prasarana transportasi dan terus memastikan penerapan protokol kesehatan (prokes) sesuai dengan ketentuan dari Satgas Covid-19.

“Insyaallah, kami memberikan kesiapan pengamanan transportasi. Saya juga sudah memerintahkan kepada OPD terkait, Dinas Perhubungan, Dinas PUPR, Dinas Lingkungan, dan OPD terkait lainnya untuk mempersiapkan bagaimana kelancaran moda transportasi di Sumbar,” tutur gubernur.

Terkait vaksinasi, sesuai arahan presiden, Gubernur juga mengimbau kepada seluruh pemudik untuk melakukan vaksinisasi dosis ketiga atau booster terlebih dahulu.

Gubernur juga menyampaikan harapan dengan kedatangan Anggota Komisi V DPR RI, dapat mendukung serta memfasilitasi proyek Bandara Rokot di Mentawai, pembukaan penerbangan internasional di bandara Minangkabau, serta pelayanan fasilitas embarkasi di Sumbar termasuk penerbangan jamaah haji dan umroh.

“Dengan bantuan dari bapak dan ibu komisi V DPR RI diharapkan pertumbuhan ekonomi Sumbar akan lebih maju lagi di masa yang akan datang,” harapnya.

Bambang Hermanto, selaku ketua rombongan, berharap dengan adanya kunker ini, para dirjen yang hadir sudah bisa memahami dan segera menyiapkan fasilitas moda transportasi dan prokes kesehatan.

“Oleh karena itu saya berharap apa yang sudah disampaikan dalam rapat tadi betul-betul diimplementasikan pada mudik lebaran nantinya,” ungkapnya.

Vice President PT KAI Drive II Sumbar, Arie Fathurrochman, saat perjalanan menuju Stasiun Duku menjelaskan KAI juga terus melakukan upaya perbailan jalur kereta sebagai salah satu upaya meminimalisir kemacetan di Sumbar.

“PT. KAI berupaya melakukan revilitasi jalur kereta api Padang – Bukittinggi guna mendorong peningkatan mobilitas dan menghindari kemacetan,” ujarnya.(via/MMC)

#Dinas Kominfotik Sumbar

More articles

IklanIklanIklan HuT RI

Latest article