Minggu, Juli 21, 2024

Berburu Kopiah Jelang Idul Fitri, Penjual Musiman Kebanjiran Berkah Ramadan

More articles

Sawahlunto, dutametro.com – Jelang idul Fitri banyak warga muslim yang berburu kopiah atau songkok atau biasa juga disebut peci untuk dipakai pada sholat Id nanti. Pedagang kopiah di Sawahlunto mengaku penjualan peci selama Ramadan dan jelang Idul Fitri laris manis.

Pedagang musiman Kimel (37) menyebut, meski hanya berjualan saat Ramadan saja setiap tahunnya, namun pendapatannya lumayan untuk kebutuhan puasa dan lebaran.
“Meski tahun ini sedikit lesu jika dibanding tahun lalu, tapi Alhamdulillah animo masyarakat berburu kopiah cukup banyak,” kata dia.

Untuk model kopiah sebut dia, peci atau songkok dengan aksesoris bendera palestina cukup digandrungi saat ini. Sementara untuk harga relatif normal pada tahun-tahun sebelumnya.
“Alhadulillah setiap harinya bisa beromset hingga Rp1 jutaan. Penjualan meningkat mulai minggu ketiga hingga jelang malam takbiran hari raya Idul Fitri,” kata dia.

Dia juga menyebut, momen hari besar ini pasti ditunggu-tunggu oleh seluruh umat Muslim, sehingga momen ini menjadi keuntungsn buat kami pedagang peci.

Salah seorang pembeli Rhadityo menyebut, membeli peci atau kopiah jelang Idul Fitri sudah menjadi tradisi karena pilihan model dan motifnya lebih banyak atau beragam.
“Tidak afdhol rasanya jika dihari yang fitri kita tidak memakai hal-hal yang baru salah satunya kopiah baru,” kata dia.

Rhadityo juga mengatakan, sengaja dia memilih kopiah motif bendera Palestina, sebagai bentuk dukungan moral bagi warga Palestina yang saat ini kondisinya sangat memprihatinkan. Dia juga berdoa, prahara di Palestina bisa cepat teratasi dan kaum Muslim Palestina bisa merayakan kemenangan dengan sukacita.(rki)

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini

- Advertisement -spot_img

Latest