Kamis, Maret 28, 2024

Membuka Festival UMKM se Indonesia, Bupati Sampaikan Percepatan Pertumbuhan Ekonomi Perlu Dukungan Semua Pihak

Must read

Tanah Datar, Dutametro – Guna percepatan pertumbuhan ekonomi di Kabupaten Tanah Datar perlu dukungan dari semua pihak, sehingga ekonomi kerakyatan yang dilakoni pengusaha industri rumah tangga, industri kecil maupun menengah dapat bergerak secara konsisten.

Disisi lain pemerintah daerah tengah berupaya menciptakan usahawan baru dan lapangan kerja per tahun melalui Program Unggulan (Progul) tertuang di RPJMD Tanah Datar, Progul tersebut berkaitan erat dengan para pelaku UMKM.

Sebagaimana yang disampaikan Bupati Tanah Datar Eka Putra saat membuka secara resmi Festival UMKM se Indonesia yang digagas OK OCE Winner Indonesia, dihalaman Istano Basa Pagaruyung, Batusangkar, Sabtu (7/5/2022).

“Membaiknya pertumbuhan ekonomi daerah dan meningkatnya pendapatan per kapita masyarakat di setiap tahun, tidak lepas dari kontribusi para pelaku UMKM. Dari kegiatan seperti inilah yang akan mendorong dan menggerakkan UMKM daerah,” ujar Bupati Eka.

Tidak hanya itu, Bupati Eka mengatakan melalui Festival UMKM se Indonesia itu, dapat menjadi wadah promosi produk UMKM yang berdampak ke perluasan pemasaran.

“Kegiatan ini menjadi wadah promosi produk UMKM, apalagi acara tersebut terselenggara di salah satu destinasi wisata unggulan Sumatera Barat yang menjadi kebanggaan masyarakat Tanah Datar yakni Istano Basa Pagaruyung, manfaatkan peluang ini secara optimal, kedepankan senyum, salam dan sopan,” ujar Bupati Eka.

Bupati Eka juga mengapresiasi OK OCE Winner yang telah menyelenggarakan Festival UMKM se Indonesia, “kita apresiasi kegiatan Festival UMKM se Indonesia, ini merupakan wujud nyata dan tekad yang kuat dari OK OCE Winner, untuk mempromosikan produk–produk barang dan jasa, termasuk potensi makanan–minuman, handicraft serta kerajinan dan lainnya,” ujar Bupati Eka.

Sementara itu, Ketua Umum OK OCE Winner Indonesia Tarmizi mengatakan melalui Festival UMKM Indonesia, para pelaku UMKM menambah relasi, kelekatan budaya, kreatifitas dan kemadanian masyarakat.

Ia pun mengatakan terselenggaranya Festival UMKM se Indonesia di luhak nan tuo, tidak lepas dari semangat pemerintah daerah mempromosikan produk UMKM pada kesempatan apa pun.

“Kita meyakinkan DPP OK OCE Winner Indonesia untuk menyelenggarakan Festival UMKM se Indonesia di Istano Basa Pagaruyung karena semangat yang ditunjukan pemerintah daerah mempromosikan produk UMKMnya di mana pun berada,” ujar Tarmizi.

Ia berharap Festival UMKM yang terselenggara darai tanggal 7 sampai 11 Mei itu, memberikan dampak positif bagi pelaku UMKM, “inilah persembahan OK OCE Winner Indonesia untuk membangkitkan kembali ekonomi masyarakat,” ujar Tarmizi.

Hadir dikesempatan itu Gubernur Sumatera Barat diwakili Kepala Dinas Perindag, Walikota Padang Panjang diwakili Staf Ahli Bidang Ekobang, Kapolres Tanah Datar AKBP Ruly Indra Wijayanto, S.I.K.,M.Si, Ketua TP PKK Tanah Datar Ny. Lise Eka Putra, Ketua Umum Macan Asia Jaya, Kepala OPD, Camat dan tamu undangan lainnya. (prokopim/tim)

More articles

IklanIklanIklan HuT RI

Latest article