Sabtu, April 20, 2024

Sekda Kabupaten Malang Membuka Secara Langsung Sosialisasi Indeks Inovasi Daerah

Must read

Malang, Dutametro – Sekertaris Daerah Kabupaten Malang Dr. Ir. Wahyu Hidayat, MM, membuka Secara Langsung Sosialisasi Inovasi Daerah dalam rangka Innovative Government Award (IGA) Tahun 2022 yang diselenggarakan bagi seluruh Perangkat Daerah yang ada di Lingkungan Kabupaten Malang yang berlokasikan di Hotel Rayz UMM, senin(8/8/2022) pagi.

Pada kegiatan sosialisasi ini juga dilaksanakannya penyerahan piagam penghargaan oleh Sekertaris Daerah Kabupaten Malang kepada Perangkat Daerah yang telah berprestasi dalam pencapaian penghargaan IGA Tahun 2021, dan yang mendapatkan penghargaan kali ini dalam kategori Perangkat Daerah yang memiliki inovasi terbanyak dan nilai kematangan paling tinggi diantaranya Dinas Kesehatan Kabupaten Malang, Perumda Tirta Kanjuruhan Kabupaten Malang, Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil Kabupaten Malang.

Selanjutnya Sekertaris Daerah Kabupaten Malang dalam sambutannya saat membacakan sambutan Bupati Malang menyampaikan terima kasih dan juga apresiasi tinggi kepada para narasumber, para peserta, dan juga semua pihak yang telah memfasilitasi sekaligus ikut berkontribusi, sehingga kegiatan ini dapat terlaksana.

” Semoga seluruh rangkaian kegiatan sosialisasi ini dapat berjalan dengan lancar dan dapat diikuti seluruh peserta sosialisasi dengan baik sehingga tujuan dari pelaksanaan sosialisasi ini juga dapat terwujud,” sambung Sekda Kab Malang

Sejak diselenggarakannya ajang Innovative Government Award, Kabupaten Malang selalu ambil bagian, dan alhamdulillah dapat kembali memperoleh penghargaan menjadi Kabupaten dengan Kategori Sangat Inovatif pada tahun 2021.

” Wujud keberhasilan ini merupakan hasil kerjasama dari berbagai pihak baik dari intern Pemerintah Kabupaten Malang, pihak swasta hingga stakeholder lainnya, tidak terkecuali masyarakat secara luas,” tutur Sekda Kab Malang

Sekertaris Daerah Kabupaten Malang juga berharap agar dari intern kita sendiri mampu untuk terus meningkatkan kreativitas, melalui berbagai inovasi yang konstruktif, dapat meningkatkan kinerja, sehingga prestasi yang telah kita capai selama ini dapat ditingkatkan lebih baik lagi. Selain itu, dalam setiap pelaksanaan ajang Innovative Government Award, selalu saya ingatkan agar semua Perangkat Daerah di lingkungan Pemerintah Kabupaten Malang, untuk ikut berpartisipasi dengan mengikutsertakan inovasi yang dimiliki disertai penginputan data pendukung yang diperlukan, sehingga dapat terlihat peningkatan inovasi Kabupaten Malang di setiap tahunnya, dan mampu mendapatkan nilai yang maksimal.

” Kedepannya seluruh Pimpinan Perangkat Daerah Kabupaten Malang terus membina, memelihara, dan menciptakan suasana kerja yang nyaman, tetap santai tetapi serius, dengan ritme kerja yang efektif, dan efisien. Hal ini sangat penting untuk diterapkan di masing-masing perangkat daerah maupun masing-masing unit kerja, karena inovasi ini tidak muncul begitu saja, namun membutuhkan ekosistem yang kondusif, sehingga harapannya semua pihak dapat mengupayakan hal ini agar dapat diterapkan, ” jelas Sekda Kab Malang

kerja sama antar stakeholders, dan sinergitas multiplehelix juga perlu untuk terus diperkuat. Mudah-mudahan, melalui berbagai cara dan upaya ini, kedepannya akan muncul lebih banyak lagi inovasi daerah di Kabupaten Malang. Harapannya, inovasi ini akan menjadi faktor pengungkit dan pemicu dalam percepatan pelaksanaan pembangunan maupun pelayanan publik di Kabupaten Malang. Kita sangat berharap melalui inovasi yang dilahirkan oleh masing-masing Perangkat Daerah dapat berkontribusi nyata bagi peningkatan kualitas pembangunan manusia dan untuk kesejahteraan masyarakat.

” misi besar untuk menciptakan iklim inovasi yang sehat di tingkat daerah, harapannya juga dapat terwujud, dimana pada saatnya nanti hal ini mampu menjadi trigger perubahan yang lebih besar, yakni disaat inovasi serta kreativitas kita mampu menjadi bagian dari budaya hidup dan budaya kerja Pemerintah Kabupaten Malang, ” ucap Sekda Kab Malang

Di akhir Sekertaris Daerah Kabupaten Malang menyampaikan bahwa dengan mengharapkan arahan, pendampingan dan juga dukungan dari Pemerintah Pusat, pada kesempatan ini saya menghimbau agar dari intern kita sendiri mampu meningkatkan kemandirian melalui berbagai inovasi yang bersifat membangun, sehingga kita mampu menunjukkan bahwa Kabupaten Malang adalah daerah yang layak meraih penghargaan Innovative Government Award sekaligus diikuti dengan peningkatan kesejahteraan bagi masyarakatnya.

(guh)

More articles

IklanIklanIklan HuT RI

Latest article