Kamis, April 18, 2024

Buka Bimtek EPSS, Kadis Kominfo-SP : Mengukur Kelancaran Aplikasi

Must read

Dinas Komunikasi Informatika Statistik dan (Diskominfo-SP) Kabupaten Barru menggelar kegiatan Bimbingan Tekhnis (Bimtek) Penyelenggaraan Statistik Sektoral, di ruang Barru Smart Information Centre (Basic) lantai 2 kantor Bupati Barru, Kamis (8/12/2022).

Bimtek ini dibuka oleh Kadis Kominfo-SP Barru Syamsuddin, S.IP. M.Si., dan menghadirkan 4 pemateri salah satunya Kepala BPS Barru Misbahuddin.

Dalam kesempatan tersebut Kadis Kominfo-SP Barru Syamsuddin, S.IP. M.Si mengatakan maksud dan tujuan diadakannya kegiatan ini untuk memberikan pelatihan evaluasi penyelenggaraan statistik sektoral kepada TIM penilai Internal Penyelenggaraan Statistik sektoral sesuai SK Bupati 465/Diskominfo-SP/XI/2022 tanggal 22 November 2022.

“Tujuan kegiatan ini untuk memudahkan menggunakan aplikasi EPSS (Evaluasi Penyelenggaraan Statistik Sektoral) untuk mengukur capaian kemajuan, meningkatkan kualitas dan untuk meningkatkan kualitas pelayanan publik di bidang Statistik Sektoral pada Instansi Pusat dan Pemerintah Daerah”, Terangnya

Beberapa tahapan yaitu :
– Sosialisasi pada tahun 2022 yang dilakukan pada ke K/L/Pemda, pencanangan Pelaksanaan EPSS dan melakukan Kolaborasi BPS, Kemendagri, Bappenas, KemenPAN & RB dan K/L terkait.
– Penjaminan kualitas (tahun 2022 – 2023) berupa Penilaian Mandiri dan Penilaian Dokumen yang dilakukan oleh Tim Penilai Internal (TPI) sampai tanggal 23 Desember 2022.
-Untuk lingkup Pemerintah Kabupaten Barru, dilakukan penilaian mandiri dan penilaian dokumen oleh TPI pada dua OPD yaitu BKPSDM dan DPMD, P2KB dan P3A.
-Penjaminan Kualitas tahun 2023, dilakukan oleh BPS berupa Penilaian Interviu, Penilaian Visitasi (optional) dan Harmonisasi
.
-Rekomendasi terhadap hasil penilaian Analisis nilai tingkat kematangan dan Penyusunan rekomendasi perbaikan berdasarkan hasil Penilaian.
– Penyampaian hasil
– Evaluasi Kegiatan berupa Identifikasi permasalahan dan perumusan Solusi dan Penyusunan Rencana Perbaikan

(Anty/Syam)

More articles

IklanIklanIklan HuT RI

Latest article