Jumat, April 19, 2024

Dikepemimpinan Yaatulo Gulo Pemkab Nias Raih Penghargaan Baik Dari Kementrian PANRB Tahun 2022

Must read

Pemerintah Daerah Kabupaten Nias memperoleh peringkat Baik atas Hasil evaluasi Sistem Akuntabilitas Kinerja Instansi Pemerintahan (SAKIP) dan Reformasi Birokrasi (RB) Kabupaten Nias tahun 2022 dari Kementerian Pan & RB, sebagaimana disampaikan oleh Kepala Dinas Kominfo Kab Nias. Selasa, 06/12/2022.

Ditahun 2022 Pemkab Nias dalam kepemimpinan Bupati Nias Yaatulo Gulo mendapatkan penilaian SAKIP yakni B (Baik), dan penilaian RB yakni CC diantara Kabupaten/Kota se-kepulauan Nias, yang mana predikat ini merupakan pertama kali di Kabupaten Nias, ini menandakan bahwa Kabupaten Nias dalam penyelenggaraan Sistem Akuntantabilitas Kinerja Pemerintah Kabupaten Nias sudah baik sesuai dengan indikator penilaian dan evaluasi yang dilakukan oleh Kementerian PAN dan RB.” imbuh Kadis Kominfo Nias

Melalui Kadis Kominfo Chrisman Zai mengatakan, atas capaian tersebut Bupati Nias mengucapkan terima kasih atas capaian dan kerja keras Tim dalam mempersiapkan penilaian SAKIP dan RB Pemerintah Kabupaten Nias sehingga hasilnya lebih baik dari tahun yang lalu, berharap tahun depan kita lebih tinggi dan menjadi yang terbaik ‘Keep Up Good Work”. Kata Rahmat Chrisman Zai.

Masih Chrisman mengulas bahwa Untuk diketahui, penilaian SAKIP pemerintah daerah dibagi menjadi 7 kategori, yakni paling rendah D dengan rentang nilai 0-30. Kemudian kategori C untuk nilai 30-50, CC untuk nilai 50-60, B untuk nilai 60-70, BB untuk nilai 70-80, dan A untuk nilai 80-90. Adapun kategori tertinggi yaitu AA dengan hasil penilaian 90-100.

Pada pengumuman hasil evaluasi SAKIP pada tanggal 6 Desember 2022 di Jakarta oleh Kementerian PAN dan RB, menyampaikan bahwa Kegiatan penilaian atas SAKIP dan RB merupakan bagian akhir dari serangkaian proses evaluasi yang dilakukan Kementerian PANRB kepada seluruh instansi pemerintah di tahun 2022.

Fokus evaluasi SAKIP pada pemda mengarah pada tiga hal. Pertama, efektivitas Anggaran Pendapatan dan Belanja Daerah (APBD) pada sektor-sektor prioritas saat ini seperti pemulihan ekonomi dan kesehatan. Kedua, perjenjangan kinerja instansi pemerintah, serta yang ketiga yaitu memastikan pelaksanaan evaluasi internal memberikan dampak bagi perbaikan implementasi SAKIP.” Ucap Kadis
(herman)

More articles

IklanIklanIklan HuT RI

Latest article