Jumat, Maret 29, 2024

Kegiatan Konsultasi Publik di Kabupaten Teluk Bintuni

Must read

Pemerintah Kabupaten Teluk Bintuni melalui Badan Perencanaan Penelitian dan Pembangunan daerah ( Bappelitbangda) teluk bintuni menggelar kegiatan konsultasi publik, diaula Evano Glacilia awarepi Bintuni, kamis 08/12/2022.

Hadir dalam kegiatan tersebut Plt Sekda teluk bintuni Drs Frans N Awak, Ketua DPRD teluk bintuni Simon Dowan Siba, Asisten II Setda teluk bintuni I.B Putu Suratna, perwakilan dari Forkopimda, para pimpinan OPD ruang lingkup Pemda kabupaten teluk bintuni, para Kabag dan Kabid ruang lingkup Pemda teluk bintuni.

” sebelum kita memulai konsultasi publik tentang RTRW Kabupaten Teluk Bintuni di hari ini, perlu kita ketahui bersama bahwa perencanaan tata ruang wilayah ini sendiri memiliki manfaat besar bagi pembangunan di berbagai bidang, antara lain, sebagai acuan dalam penyusunan rencana pembangunan jangka panjang daerah (RPJPD) sebagai acuan dalam pemanfaatan
ruang/pengembangan wilayah kabupaten/kota, juga sebagai acuan untuk mewujudkan keseimbangan pembangunan dalam wilayah kabupaten/kota “. Ucap Asisten II Setda teluk bintuni I.B Putu Suratna.

Selain itu Putu Suratna menambahkan, RTRW juga berfungsi sebagai acuan lokasi investasi dalam wilayah kabupaten/kota yang dilakukan pemerintah, masyarakat, dan swasta, Dokumen RTRW ini juga menjadi pedoman untuk penyusunan rencana rinci tata ruang turunannya, serta menjadi dasar pengendalian pemanfaatan ruang dalam penataan/ pengembangan.

Tata ruang wilayah erat kaitannya dengan perencanaan yang berfungsi untuk melihat struktur ruang pada kabupaten/kota, secara formal, kebijakan nasional penataan ruang telah ditetapkan bersamaan dengan disahkannya Undang- Undang Nomor 26 Tahun 2007 Tentang Penataan Ruang dan undang-undang Nomor 11 Tentang Cipta Kerja.

Kebijakan ini ditujukan untuk mewujudkan kualitas rencana tata ruang agar semakin baik, yang oleh undang- undang dinyatakan dengan kriteria aman, nyaman, produktif dan berkelanjutan, menilik kepada pentingnya Dokumen Rencana Tata Ruang Wilayah (RTRW) bagi pembangunan kabupaten teluk bintuni ke depan.

maka saya memberi apresiasi kepada Bappelitbangda Teluk Bintuni yang bekerjasama dengan berbagai pihak dalam menyelenggarakan kegiatan Konsultasi Publik Tentang Rencana Tata Ruang Wilayah (RTRW) kabupaten Teluk Bintuni, terangnya. ( abdul azis)

More articles

IklanIklanIklan HuT RI

Latest article