Bupati Tanah Datar Eka Putra Buka Pelatihan UMKM Gelombang Dua

oleh -113 Dilihat

Batusangkar, Dutametro- Pandemi Covid-19 yang melanda dunia, termasuk di kabupaten Tanah Datar menyebabkan terjadinya berbagai masalah terutama di bidang perekonomian, tentunya akses menjadi terbatas, yang memiliki usaha mengalami kesulitan dalam pemasaran.

Hal tersebut disampaikan Bupati Tanah Datar Eka Putra ketika membuka secara resmi sekaligus menjadi Keynote Speaker pada pelatihan Digital Enterpreneurship Academy (DEA) kepada pelaku Usaha Mikro Kecil Dan Menengah (UMKM) yang diselenggarakan oleh BBPSDMP Kominfo Medan bekerjasam dengan Pemkab Tanah Datar, Selasa (8/2) di ballroom Emersia Hotel dan Resort Batusangkar.

“Perekonomian masyarakat menurun drastis di lintas sektor di antaranya pariwisata, perdagangan, industri rumah tangga/ manufaktur dan pertanian. Untuk mengatasi permasalan ini kita harus mengikuti perkembangan zaman digitalisasi.” tutur Eka Putra.

Bupati tambahkan, UMKM yang mampu bertahan adalah industri yang ikut perkembangan zaman dan cepat beradaptasi dengan kemajuan teknologi. Oleh karena itu saya mengajak pelaku UMKM dan calon wirausaha untuk belajar dalam menfaatkan kemajuan teknolagi, dimana UMKM dapat menopang pertumbuhan ekonomi masyarakat dan perekonomian daerah pun menjadi kuat.

“Pemerintah daerah terus berupaya melakukan terobosan untuk menggeliatkan unit usaha masyarakat. Sesuai data UMKM yang tercatat pada Dinas Koperindag per Desember 2021, sebanyak 66.293 UMKM di Tanah Datar yang tersebar pada 7 jenis usaha yaitu usaha di bidang kuliner, fashion, agribisnis, teknologi, otomotif, perawatan tubuh, dan usaha di bidang kerajinan dan cendramata salah satunya dengan melaksanakan pelatihan ini untuk membangun SDM yang unggul dan mampu bersaing dengan industry lainnya,” terang Bupati.

Dikesempatan itu Bupati mengajak peserta pelatihan untuk mengikuti pelatihan ini dengan sebaik-baiknya sehingga nantinya dapat dipraktekan dalam menjalankan usahanya, semoga UMKM Tanah Datar semakin maju.

Sementara itu Kepala BBPSDMP Kominfo Medan Irbar Samekto sampaikan, pelaksanaan pelatihan Digital Enterpreneurship Academy (DEA) merupakan salah satu program dalam Digital Talent Scholarship yang diluncurkan Kemeterian Kominfo dalam memperkuat SDM digital di Indonesia.

Irbar tambahkan, pada saat ini Kominfo Medan bekerjasama dengan Pemkab Tanah Datar untuk melaksanakan pelatihan Pengelolaan Keuangan Digital kepada 100 orang pelaku UMKM yang dilaksanakan selama dua hari tanggal 8 dan 9 Februari 2022 dengan Narasumber dari Kementerian Kominfo.

“Kemenkominfo terus meningkatkan SDM digital di Indonesia melalui program Digital Talent Scholarship, dengan kegiatan mempersiapkan pelaku UMKM untuk menggunakan teknologi dalam menjalankan usahanya dan dapat meningkatkan peguatan SDM Digital dalam menghadapi persaingan,” pungkasnya.

Pada kesempatan yang sama, Ketua Dekranasda Tanah Datar Ny Lise Eka Putra saat meninjau produk dari peserta berpesan UMKM harus kreatif untuk meningkatkan kualitas produknya, daya jual maupun sistim pemasarannya. Pelaku usaha harus cerdas memanfaatkan pasar, teknologi, sehingga pangsa pasarnya juga luas.

“Mari cerdas memanfaatkan teknologi, Saya berharap para pelaku Indutri Kecil Menengah (IKM) kita cerdas membaca peluang pasar, dan memanfaatkan teknologi. Kalau bisa punya toko online sendiri, sehingga gampang memasarkan produk dan biayanya juga rendah. Patut kita syukuri pelatihan terhadap UMKM kita yang diberikan oleh Kominfo Medan ini sangat besar manfaatnya karena untuk wilayah Sumbar, hanya kita yang dapat Tanah Datar,“ tuturnya.

Turut hadir dalam pembukaan Ketua Dekranasda Tanah Datar Ny Lise Eka Putra, Kadis Kominfo Tanah Datar Abrar, Kadis Koperindag Darfizal dan undangan lainnya. (Prokopim/mnh)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.

No More Posts Available.

No more pages to load.