Selasa, Juli 23, 2024

KPU Sumbar Lakukan Kegiatan Jambore Demokrasi Pelajar Pilkada Serentak 2024

More articles

Padang Panjang,dutametro.com.-KPU Provinsi Sumatera Barat melakukan kegiatan Jambore Demokrasi Pelajar Pilkada Serentak 2024, dalam rangka sosialisasi dan pendidikan pemilih penyelenggaraan pilkada serentak November mendatang, baik itu pemilihan calon Gubernur, Bupati dan walikota.

Kegiatan ini di laksanakan di Bumi Perkemahan Mifan, Kota Padang Panjang, selama tiga hari yakni tanggal 9 s/d 11 mei 2024,.

Pada hari ke -2 Jambore Demokrasi Pelajar, Jumat (10/6/2024), kegiata para peserta diantaranya debat, untuk menentukan kreteria agar kualitas kandidat Gubernur,Bupati dan Walikota, terjamin dalam membangun dan memimpin daerahnya.

Jambore yang dimulai kamis 9/5/2024 kemarin, dibuka Koordinator Divisi Teknis KPU RI, Idham Holik, didampingi Ketua KPU Sumbar Surya Efitrimen dan komisioner lainnya.

Pada kesempatan tersebut, Idham Holik mengatakan, Jambore Demokrasi Pelajar yang diinisiasi KPU Sumbar, merupakan literasi politik yang secara spesifik menyasar kelompok pemilih milenial di Pilkada Nasional Serentak 2024.

“Jambore Demokrasi Pelajar ini merupakan ide literasi kepemiluan dari KPU Sumatera Barat yang layak ditiru daerah lainnya di Indonesia,” ungkap Idham HolikHolik.

Ditambahkan Ketua Divisi Sosialisasi, Pendidikan Pemilih, Partisipasi Masyarakat dan SDM, Jons Manedi, dengan memberikan pembekalan pada pemilih generasi Z atau mileneal, maka partisipasi diharapkan meningkat, dan para peserta menjadi duta KPU untuk mengajak masyarakat mempergunakan hak pilih dalam Pemilu Kada mendatang.

“Dengan memberika literasi dan pembelajaran pada pemilih pemula, akan memacu niat mereka untuk mempergunakan hak nya dalam pemilu, dan diharapkan nantinya peserta juga dapat menghimbau warga masyarakat, khususnya keluarga untuk berberpartisipasi dalam mempergunakan hak-nya memilih Gubernur, Bupati dan Walikota, di TPS masing-masing,”tutur Jons Manedi.

Ditambahkannya, Jambore Demokrasi Pelajar, ide dan pelaksanaannya baru KPU Sumbar yang mengadakan untuk seluruh Indonesia, karena dirasa amat perlu guna memotivasi para pemilih pemula.

“Alhamdulillah, kita di Sumatera Barat yang pertama melaksankan kegiatan seperti ini, semoga bermanfaat dan dapat diikuti daerah lain,” tambah Jons.

Dalam kegiatan tampak peserta sangat antusias, terbukti debat yang dilakukan amat serius, dan menambah suasan menjadi asyik.

Salah seorang peserta Mega, mengatakan, sangat salut dan berterimakasih pada KPU Sumbar, yang telah melaksanakan kegiatan ini, sehingga bisa menambah pengetahuan tentang ke-pemilu-an.

“Saya dan kami semua merasa bangga serta salut pada KPU Provinsi Sumatera Barat karena sudah melaksankan dan mengikutkan kami dalam kegiatan Jambore Demokrasi, kami juga mengucapkan terimakasih, sebab dalam kegiatan ini ilmu kami untuk ke-pemilu-an bertambah,”tutur Mega dengan senyum sumringah.

Kegiatan yang juga diikuti para kabag dan kasubag, serta staf KPU Sumbar, berjalan lancar, tanpa kendala dan semua peserta merasa senang.(aji)

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini

- Advertisement -spot_img

Latest