Jumat, Maret 29, 2024

Manfaatkan Swadaya, Puskesmas Busur Lahirkan Inovasi Pojok Seiber

Must read

Memanfaatkan swadaya dari pegawai, Puskesmas Bukit Surungan (Busur) melahirkan inovasi pojok Sehat Itu Berkah (Seiber) setiap hari Jumat bagi pasien yang berobat dan masyarakat yang melakukan konsultasi kesehatan.

Pojok Seiber adalah program Jumat Berkah dengan menyediakan sayur-sayuran dan buah-buahan segar yang bisa diambil dan dibawa pulang oleh pasien maupun masyarakat yang datang ke Puskesmas Busur setiap hari Jumat.

“Pojok Seiber ini juga ada karena asupan dari masyarakat, yang mana setiap hari Senin kita mengumpulkan pasien yang berobat, dengan meminta kritikan dan saran dari pasien terkait apa yang perlu kita sediakan dan juga dibutuhkan dari layanan di puskesmas ini. Dan sekaligus kita mempromosikan Germas (Gerakan Masyarakat Hidup Sehat-red) dengan memakan sayur dan buah untuk kesehatan,” ujar Kepala Puskesmas Busur, Yusri Yanti, S.Tr.Keb kepada Kominfo, Jumat (8/7).

Ia juga menambahkan, saat ini Pojok Seiber ini hanya memanfaatkan swadaya dari pegawai puskesmas. Ia juga mengimbau kepada masyarakat sekitar yang ingin menghibahkan sedikit hasil kebun atau yang memiliki sayuran di rumah untuk mengantarkan ke puskesmas dan diletakkan di Pojok Seiber.

“Kegiatan ini sudah berlangsung sekitar dua bulan kita laksanakan. Alhamdulillah mendapatkan respon positif dari masyarakat yang datang. Kita akan terus menerima masukan-masukan dari masyarakat terkait inovasi yang akan kita lahirkan lagi,” tambahnya.

Yanti juga berharap dengan adanya Pojok Seiber ini juga menimbulkan minat masyarakat dalam konsultasi kesehatan. Karena pihaknya menyediakan meja khusus hanya untuk konsultasi kesehatan dengan melakukan screening kesehatan.(shintia)

More articles

IklanIklanIklan HuT RI

Latest article