Wakil Bupati Agam Buka Seminar Kajian Koleksi Museum Rumah Kelahiran Buya Hamka

oleh -59 Dilihat

Lubuk Basung, Dm– Museum bukan sekedar tempat menyimpan dan mengoleksi benda-benda peninggalan. Museum merupakan sumber khasanah ilmu pengetahuan.

Demikian benang merah yang disampaikan Wakil Bupati Agam, Irwan Fikri, SH Dt Parpatiah saat membuka seminar kajian koleksi Museum Rumah Kelahiran Buya Hamka, Kamis (8/12).

Menurut wabup, sejatinya museum berfungsi dalam melindungi, mengembangkan, memanfaatkan koleksi dan mengomunikasikannya ke masyarakat.

“Artinya, museum bukan sekedar menyimpan koleksi, namun lebih dari itu, museum adalah sumber khasanah ilmu pengetahuan,” ujarnya.

Peran terpenting dari keberadaan museum sambungnya, adalah menjadi sumber pengetahuan. Sehingga, museum berpotensi dimanfaatkan untuk sarana pendidikan.

Oleh sebab itu menurut wabup, museum perlu didorong agar menjadi dinamis. Sehingga dapat melayani masyarakat dengan memadai sebagai media yang universal untuk pelestarian budaya.

.
“Museum juga diharapkan dapat dimanfaatkan sebagai wahana pembelajaran masyarakat, sekaligus sebagai objek wisata yang edukatif,” katanya.

Terkait Museum Rumah Kelahiran Buya Hamka tambah wabup, menyimpan nilai sejarah yang amat tinggi. Nilai-nilai itu seperti pokok-pokok pemikiran Buya Hamka yang sangat relevan diterapkan di masa kini.

Wabup berharap adanya usaha memverifikasi ulang koleksi-koleksi di museum. Sehingga, nilai-nilai dari koleksi tersebut dapat dimanfaatkan masyarakat secara akurat.

“Kita optimis upaya ini akan lebih meningkatkan gairah masyarakat untuk mengunjungi museum sebagai sarana pendidikan generasi muda di masa mendatang,” ujarnya.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

No More Posts Available.

No more pages to load.